Hijri Calendar by Alhabib
Beranda / Kabar / Beasiswa / 15 Universitas Terbaik di Arab Saudi
>> Sponsorship/Donasi Website Manhajuna <<

15 Universitas Terbaik di Arab Saudi

Manhajuna.com – Kerajaan Arab Saudi dikenal dengan sebuah negara yang memiliki dua kota suci umat Islam, yaitu Mekkah dan Madinah, disertai suhunya yang panas dan daratan yang penuh dengan gurun pasir. Negara yang hampir seluruh penduduknya beragama islam ini, menyimpan banyak cadangan minyak sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonominya yang berkembang sangat pesat dan ditandai dengan maraknya pembangunan gedung dan fasilitas yang modern dan megah.

Implikasinya juga ditandai dengan perkembangan universitas-universtitas di Arab Saudi yang ikut berkompetisi dengan universitas-universitas dunia lainnya untuk menjadi universitas top dunia. Berikut ini informasi 15 universitas terbaik di Arab Saudi bagi kamu yang ingin menempuh pendidikan di sana:

1. King Saud University

http://ksu.edu.sa/sites/default/files/fs.png

Menurut QS Word Ranking 2013-2014  King Saud University (KSU) berada diperingkat 253 dunia dengan score 44.7. Universitas pertama di Arab Saudi yang didekikasikan untuk pendidikan non-agama dan dilengkapi juga dengan pendidikan agama. Terdapat Program Bahasa, Fakultas Sains, Fakultas Kesehatan, Fakultas Pendidikan Umum dan Agama, dan fakultas-fakultas lainnya. Universitas yang terletak di kota Riyadh ini, menyediakan fasilitas kampus untuk laki-laki dan kampus khusus perempuan.

Webiste: www.ksu.edu.sa

2. King Fahd University of Petroleum and Minerals

http://www3.kfupm.edu.sa/facultyrect/images/bg_imgs/4.jpg

Menurut QS Word Ranking 2013-2014, King Fahd University of Petroleum and Minerals (KFUPM) berada diperingkat 216 dengan score 49.9 di dunia. Universitas ini telah mengadopsi pelatihan lanjutan di bidang pendidikan, teknik, dan menejemen sebagai tujuan mempromosikan kepemimpinan dan pelayanan. Universitas yang menjadi peringkat tertinggi di Arab Saudi ini, terletak di Dahran, propinsi disebelah timur Arab Saudi.

Website: www.kfupm.edu.sa

3. King Abdul Aziz University

http://i.ytimg.com/vi/4W3wS60-_lQ/maxresdefault.jpg

Menurut QS Word Ranking 2013-2014, King Abdul Aziz University (KAU) berada diperingkat 360 dengan score 35.8 di dunia.  Sebagaimana lazimnya universitas di Arab Saudi, KAU menyediakan dua kampus yang terpisah laki-laki dan wanita.  Kampus ini adalah pelopor dalam menawarkan berpendidikan tinggi untuk wanita di Arab Saudi. KAU menawarkan ragam jurusan yang lengkap yang terbagi menjadi beberapa fakultas dan institusi. Universitas ini terletak di Abdulah Sulayman, Jeddah, dan berjarak sekitar 2 jam perjalanan darat dari kota Mekkah.

Website: www.kau.edu.sa

4. Al- Imam Mohamed Ibn Saud Islamic University

https://media.licdn.com/media/p/5/005/062/03b/2f52b56.png

Menurut QS Word Ranking 2013-2014, Al- Imam Mohamed Ibn Saud Islamic University berada diperingkat 491 di dunia. Universitas ini mempunyai tujuan pendidikan sesuai syariat Islam, sehingga wajar apabila banyak ulama besar Arab Saudi merupakan alumni atau menjadi staf pengajar di universitas ini. Universitas ini juga mempunyai cabang di beberapa negara di dunia (Indoesia, Jepang, Amerika dan Mauritania), dimana cabangnya di Jakarta lebih dikenal dengan nama LIPIA. Terdapat 10 fakultas yang ditawarkan yaitu Syariah, Islam, Bahasa Arab, Ilmu Sosial, Hukum dan Media Informasi, Bahasa dan Terjemah, Ilmu Komputer dan IT, Ilmu Ekonomi dan Administrasi,  Ilmu Formal, Kedokteran dan Teknik. Kampus ini berlokasi di Riyadh.

Website: www.imamu.edu.sa

5. Umm Al-Qura University

http://ieforum.org/2014/images/slide-img4.png

Universitas ini menawarkan program sarjana, pascasarjana, diploma, master, Ph.D dalam pendidikan islam, bahasa Arab, pendidikan, ilmu terapan, ilmu sosial, kedokteran dan teknik. Universitas ini dibagi menjadi tiga kampus yaitu kampus pertama di Aziziah, kampus kedua di Al- Zahir dan kampus ketiga di Al-Abidiyah. Kampus ini memberi perhatian khusus pada penelitian, publikasi dan pengabdian pada masyarakat.  Terletak di Makkah.

Website: www.uqu.edu.sa

6. King Faisal University (KFU)

http://haifcompany.com/FileUploads/Projects/Photos/Photos/1366067840.jpg

Terdapat 16 perguruan tinggi dan 8 departemen. Terletak di Al-Ihsa, Arab Saudi.  Sekitar 300 para pengajar adalah anggota konferensi ilmiah dan simposium baik dalam negeri maupun luar negeri.  Kampus ini juga memberi hak yang sama bagi wanita di arab saudi. FKU mempunyai 14 perguruan tinggi. KFU menyediakan Perguruan tinggi khusus untuk perempuan yaitu

– College of Education for Girls –Scientific Sections
– College of Education for Girls-Art Sections
– College of Community for Girls
– College of Intermediate Health for Girls

Website: www.kfu.edu.sa

7. Taibah University

http://www.taibanews.com/inf/contents/newsm/22989.jpg
Terletak di Tayba, Medina,  Arab Saudi. Kampus ini merapkan pendidikan jarak jauh yang mendorong pembelajaran terus menerus. Terdapat 28 Fakultas dan 2 Sekolah. Kampus memberikan suasana yang ideal bagi siswa untuk pembelajaran dan penelitian. Kampus ini di bangun dengan infrastruktur canggih, fasilitas akademik, dan layanan elektronik. Kampus ini tergolong kampus baru.

Website: www.taibahu.edu.sa

8. King Khalid University

http://www.baytur.com.sa/pictures/phase3_1.jpg

Kampus ini memiliki tekhnologi kelas dunia. Visi kampus ini adalah menyediakan pendidikan berkualitas tinggi,  melalui lingkungan akademik memperkaya penelitian akademik dan memanfaatkan teknologi pembelajaran. Terletak di Abha, Al- Namas, provinsi Asir, Arab Saudi. Kampus ini juga tergolong kampus baru.

Website: www.kku.edu.sa


9. Islamic University of Madinah

https://almunowir.files.wordpress.com/2011/12/islamic-university-of-madinah.jpg

Terletak di Madina.  Di kampus ini mahasiswa dapat belajar Dakwah, Syariah, Qur’an, hadis dan bahasa arab. Ampus ini menawar Bachelor of Art, gelar Master dan Doktor. Kampus ini menerima mahasiswa Muslim diseluruh dunia. Kampus ini juga melahirkan alumni yang berkualitas.

Website: www.iu.edu.sa

10. Alfaisal University

http://static.panoramio.com/photos/large/46329066.jpg

Didirikan tahun 2002 sebagai salah satu universitas non-Profit. Mendapat dukungan dari pendiri nasional dan internasional. Alfaisal University terdiri dari empat fakultas yaitu Bisnis, Teknik, Kedokteraan, Sains, dan Ilmu Pengetahuan Umum menawarkan program sarjana dan pascasarjana untuk pria dan wanita. Terletak di jantung Riyadh pusat perdagangan, industri dan penelitian. Sisiwa diberi kesempatan untuk mengembangkan potensi mereka dengan fasilitas yang luar biasa.

Website: www.alfaisal.edu

11. Qassim University

http://gdpm.qu.edu.sa/images/slides/slide3.jpg

Terletak di Buraydah, Arab Saudi didirikan pada tahun 2004. Perguruan tinggi yang ditawarkan Qassim University adalah Syariah, Bahasa Arab dan Ilmu Sosial, Sekolah tinggi Pertanian dan Ilmu kedokteran Hewan, sekolah tinggi Ilmu Ekonomi, Sains dan masih banyak lagi. Terdapat juga perguruan tinggi untuk wanita yaitu Science College Al-Zifli. Menawarkan program sarjana dan pascasarjana.

Website: www.qu.edu.sa

12. Najran University

http://s.alriyadh.com/2012/04/24/img/505155054619.jpg

Dibangun 2006 berada di Najran, Arab Saudi. Terdapat 13 perguruan tinggi kedokteran gigi, ilmu kedokteran, farmasi, seni, bahasa, dan lain-lain. Fakultas psikologi di Najran adalah salah satu yang terbaik di arab saudi. Universitas ini merupakan universitas bergengsi baik nasional dan internasional. Dilegkapi dengan teknologi yang canggih dan bangunan yang megah.

Website: www.nu.edu.sa

13. King Abdullah University for Science and Technology

http://www.turnerconstruction.com/Files/ProjectImage?url=%2Fsites%2Fmarketingstories%2FMarketing%2520Story%2520Images%2Foriginal.71adcd14-f301-4b26-b9ef-dd708b5ba9ae.jpg&width=707&height=470&crop=True&jpegQuality=95

Dibangun pada tahun 2009 terletak di Thuwal Arab Saudi. Kampus ini juga menyediakan fasilitas untuk piknik. Universitas ini menawarkan beasiswa bagi mahasiswa luar negeri maupun dalam negeri. Kampus ini didukung fasilitas yang begitu luar biasa. Dan bangunan yang mewah dan megah. Tidak heran jika bangunannya begitu modern. Diampu oleh pengajar berkualitas yang didatangkan dari berbagai negara.

Website: www.kaust.edu.sa

14. Jazan University

http://www.almrsal.com/wp-content/uploads/2013/09/ju.jpg

Berdiri tahun 2006 di Jazan. Universitas ini menawarkan berbagai departemen akademik. Beberapa program yang terkenal karena kemampuannya yaitu sekolah kedokteran, sekolah kedokteran gigi, sekolah bisnis, ilmu sosial dan humaniora, serta penelitian biomedisnya. Kampus utama terletak di tepi laut Tiberau. Mahasiswa dapat menghilangkan penat dengan berjalan-jalan di tepi laut yang jaraknya tidak jaug dari kampus.

Website: www.jazanu.edu.sa

15. Princess Nourah University (PNU)

http://www.econcepts.com.sa/wp-content/uploads/2013/08/Princess-Nora-bint-Abdul-Rahman-University-4.jpg

Princess Nourah University adalah sebuah universitas di Arab Saudi yang merupakan universitas khusus wanita terbesar di dunia. Universitas ini terdiri dari 32 kampus di wilayah Riyadh dan sebuah perpustakaan yang memuat 4,5 juta jilid buku. Universitas ini awalnya didirikan sebagai Universitas Wanita Riyadh pada tahun 1970. Raja Abdullah bin Abdul Aziz meresmikan gedung institusi pendidikan tinggi untuk wanita yang paling besar dan paling mutakhir di dunia ini di dalam kota yang memuat pendidikan tinggi mandiri. Sebuah kampus baru didirikan pada Mei 2011 yang dapat menampung 40.000 mahasiswi dan 12.000 karyawati, juga memiliki 700 dipan pelatihan rumah sakit dan pusat penelitian untuk NanoteknologiTeknologi Informasi, dan Bioscience.

Website: www.pnu.edu.sa

NB: Tim redaksi manhajuna.com berusaha insya Allah untuk selalu memberikan informasi tata cara pendaftaran beasiswa, persyaratan dan waktu pendaftaran jika ada info penerimaan beasiswa mahasiswa baru di universitas-universitas terbaik di Arab saudi.

(Manhajuna/GAA)

Beri Komentar (via FB)

http://bursanurulfikri.com/

Lihat Juga:

Buruan, Pendaftaran Mahasiswa Baru LIPIA 2016 (Cabang Medan, Surabaya dan Makasar)

Manhajuna.com – Alhamdulillah telah dibuka pendaftaran mahasiswa baru (Khusus ikhwan saja) jenjang I’dad lughowi untuk tahun akademik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *