Hijri Calendar by Alhabib
Beranda / Wawasan / 4 Langkah Penting Untuk Mencegah Serangan Jantung dan Stroke
>> Sponsorship/Donasi Website Manhajuna <<

4 Langkah Penting Untuk Mencegah Serangan Jantung dan Stroke

Manhajuna.com – WHO memperkirakan bahwa lebih dari 17,5 juta orang meninggal karena penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) seperti serangan jantung atau stroke pada tahun 2012. Berlawanan dengan yang umum diketahui, lebih dari 75% kematian tersebut, terjadi di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Laki-laki dan wanita memiliki tingkat kejadian kurang lebih sama.

Kabar baiknya adalah, 80% dari serangan jantung dini dan stroke dapat dicegah. Diet sehat, aktivitas fisik secara teratur, dan tidak menggunakan produk tembakau adalah kunci untuk pencegahan. Memeriksa dan mengendalikan faktor risiko penyakit jantung dan stroke seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan gula darah tinggi atau diabetes juga sangat penting.

Tahukah Anda, pada tahun 2010 stroke adalah penyebab kematian no.1 terbesar di Indonesia berdasarkan laporan Central for Disease Control and Prevention (CDC).

1#Mengkonsumsi Makanan yang Sehat

Diet yang seimbang sangat penting untuk kesehatan jantung dan sistem sirkulasi. Ini harus mencakup banyak buah dan sayuran, biji-bijian, daging tanpa lemak, ikan dan kacang-kacangan dengan garam dibatasi, gula dan asupan lemak. Dan tentunya tidak mengkonsumsi alkohol.

2#Melakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur

Setidaknya 30 menit aktivitas fisik secara teratur setiap hari membantu menjaga kebugaran kardiovaskular. Dan 60 menit setiap hari dalam seminggu membantu menjaga berat badan yang sehat. Mari programkan olahraga secara teratur.

3#Hindari Penggunaan Tembakau

Tembakau dalam setiap bentuknya sangat berbahaya bagi kesehatan – rokok, cerutu, pipa, atau tembakau kunyah. Yang terkena asap tembakau (seperti perokok pasif) juga berbahaya. Risiko serangan jantung dan stroke akan mulai berkurang segera setelah seseorang berhenti menggunakan produk tembakau, dan dapat berkurang 50% risikonya setelah 1 tahun berhenti menggunakannya.

4#Periksa dan Kendalikan Risiko Kardiovaskular Secara Keseluruhan

Aspek penting untuk mencegah serangan jantung dan stroke adalah dengan memberikan pengobatan dan konseling untuk orang yang berisiko tinggi dan mengurangi risiko kardiovaskular mereka. Seorang pekerja kesehatan dapat memperkirakan risiko kardiovaskular dengan menggunakan grafik risiko sederhana dan memberikan saran yang tepat untuk mengelola faktor-faktor risiko. Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

a) Ketahui tekanan darah Anda
Tekanan darah tinggi biasanya tidak memiliki gejala, tetapi merupakan salah satu penyebab terbesar stroke yang datang tiba-tiba atau serangan jantung. Lakukan pengecekan tekanan darah. Jika tinggi, yang perlu diubah adalah gaya hidup, yakni menggabungkan diet sehat dengan mengurangi konsumsi garam dan meningkatkan aktivitas fisik, serta mungkin memerlukan obat untuk mengontrol tekanan darah.

b) Ketahui kadar kolesterol
Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Kolesterol perlu dikontrol melalui diet yang sehat dan, jika perlu, obat yang tepat.

c) Ketahui kadar gula darah
Kadar gula darah yang tinggi (diabetes) juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Jika memiliki diabetes, sangat penting untuk mengontrol tekanan darah dan gula darah untuk meminimalkan risiko.

Sumber: WHO

(Manhajuna/IAN)

Beri Komentar (via FB)

http://bursanurulfikri.com/

Lihat Juga:

diabetes

Tips-tips Mencegah Diabetes

Saat ini, diabetes tipe 1 tidak dapat dicegah. Pemicu lingkungan, yang diperkirakan menyebabkan proses yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *