Hijri Calendar by Alhabib
Beranda / Kabar / AlMaqsad, Aplikasi Navigasi Masjidil Haram
>> Sponsorship/Donasi Website Manhajuna <<

AlMaqsad, Aplikasi Navigasi Masjidil Haram

MAKKAH – Sudah terdapat kurang lebih 30.000 pengguna al-Maqsad, aplikasi navigasi Masjidil Haram, seperti dilaporkan koran Makkah.

Amjad Al-Hazmy, Ketua Umum Proyek Urusan Dua Masjid Suci, mengatakan bahwa aplikasi ini dirancang untuk memandu pengguna ke tempat-tempat di dalam Masjidil Haram di Makkah.

Aplikasi ini tidak membutuhkan koneksi internet untuk menentukan lokasi.

“Pengguna dapat dengan mudah menavigasi ke daerah-daerah penting dan pos pemeriksaan pelayanan di semua lantai dari Masjidil Haram. Aplikasi ini telah diunduh oleh pengguna 30.000 pada berbagai perangkat termasuk Android, iPhone dan iPad,” kata Al-Hazmy.

Ketua Bisnis dan Kreativitas Informasi Universitas Umm Al-Qura, Nabil Kowshak mengatakan bahwa perusahaannya Wadi Makkah for Technology merancang aplikasi.

“Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah navigasi pengguna di Masjidil Haram. Aplikasi ini memberikan informasi mengenai layanan yang ditawarkan di lantai dasar masjid. Aplikasi ini dikembangkan dengan bekerjasama dengan Internal Navigation Company,” kata Kowshak.

CEO dari Internal Navigation Company Saleh Basalamah mengatakan aplikasi bergantung pada sensor blue low energy yang mengirimkan sinyal ke ponsel pengguna untuk menentukan lokasi pengguna.

“Aplikasi ini kemudian dapat menginstruksikan pengguna dengan suara ke mana harus pergi untuk mencapai tujuan yang dikehendaki. Aplikasi ini juga menyediakan peta 3D untuk membantu pengguna,” kata Basalamah.

Dia juga mengatakan ada 1.500 sensor tersebar di seluruh lantai pertama dari Masjidil Haram.

“Perusahaan akan segera bekerja pada tahap kedua dari proyek. Aplikasi ini memiliki delapan fitur termasuk penggunaan offline. Aplikasi, yang terdapat dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris, tersedia dalam iOS dan Android. Sebagai pemandu dalam Masjidil Haram yang bekerja melalui Bluetooth,” kata Basalamah.

Dia mengatakan aplikasi ini juga menyediakan navigasi untuk jalan-jalan utama di Makkah, Masjidil Haram dan arena nya, layanan kebutuhan khusus, gerbang Masjidil Haram, halte bus dan fasilitas lainnya.

(Bisa dicari dengan kata kunci: haram navigation di Appstore atau Playstore)

Sumber: saudigazette

(Manhajuna/IAN)

Beri Komentar (via FB)

http://bursanurulfikri.com/

Lihat Juga:

“Virus” yang Mengancam Jama’ah Haji

Oleh Ust. Abdullah Haidir, Lc. Manhajuna – Siapa yang tak senang mendapatkan kesempatan beribadah haji? Mimpi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *