Hijri Calendar by Alhabib
Beranda / Hikmah / Bagi Sahabat Perantau (Terkhusus) Arab Saudi, Renungkanlah Nasihat Berikut…
>> Sponsorship/Donasi Website Manhajuna <<

Bagi Sahabat Perantau (Terkhusus) Arab Saudi, Renungkanlah Nasihat Berikut…

Saudaraku di rantau….

Kita tidak memungkiri bahwa kedatangan kita ke negeri ini adalah untuk mendapatkan penghasilan yang cukup.

Akan tetapi ada satu hal yang patut kita renungkan…, jika cuma uang yang kita bawa pulang, sesungguhnya kita rugi. Karena sebesar apapun jumlah uang yang kita bawa, sesungguhnya tidak dapat mengganti beban yang kita tanggung karena meninggalkan kampung halaman.

Rindunya kita terhadap kampung halaman, anak yang sedang lucu-lucunya yang kita tinggalkan, kesempatan tertentu yang tidak dapat kita hadiri (seperti lebaran, agustusan, pernikahan atau kematian) dll, adalah hal-hal yang tidak mungkin dapat kita ganti dengan materi.

Kesimpulannya… kalau cuma uang yang kita bawa pulang…, sekali lagi, kita rugi, tidak sebanding dengan ‘pengeluaran’ kita.

Karena itu saudaraku yang dimuliakan Allah… usahakanlah untuk mendapatkan hal-hal lain yang bermanfaat selain sekedar uang.

Bukankah bekerja di sini dapat menjadi kesempatan anda untuk merubah prilaku-prilaku buruk yang selama ini terasa sulit ditinggalkan.

Bukankah selama bekerja di sini, anda dapat menimba ilmu lewat buku-buku Islam yang sering didapatkan atau menghadiri pengajian.

Bukankah selama bekerja di sini, kita dapat melihat budaya bangsa-bangsa lain, kemudian kita menyaringnya dan memilih mana yang baik untuk kita contoh dan membuang segala yang buruk.

Bukankah selama bekerja di sini, anda dapat meningkatkan ibadah lebih baik, baik kuwantitas maupun kuwalitas.

Bukankah selama bekerja di sini anda lebih besar berpeluang menunaikan ibadah haji dan umroh .

Begitu seterusnya saudaraku

Ternyata jika kita perhatikan, banyak yang dapat kita bawa pulang selain sekedar uang. Jika hal-hal tersebut semakin banyak kita raih, maka Insya Allah kita tidak menjadi orang yang merugi… bahkan dapat kita katakan bahwa ternyata keberuntungan yang kita dapatkan dengan itu semua, jauh lebih besar dari sekedar uang yang kita dapatkan.

Saya sering mendengar ungkapan teman-teman yang mendapat-kan keberuntungan tersebut, tidak jarang mereka berkata: “Al-hamdulillah, saya di sini aktif ikut pengajian… kalau tidak… entah jadi apa saya….”, atau ada yang dengan bercanda berkata : “al-Hamdulillah, kerja di sini membuat saya mendapat tiga “ji”; ….. gaji, ngaji dan haji….”

Saudaraku, jangan tunda-tunda,,, cari segera kebaikan-kebaikan tersebut di sekeliling kita.

Sumber: Buku Nasihat dari Hati ke Hati, Penyusun Ust. Abdullah Haidir, Penerbit Maktab Dakwah Sulay, Riyadh, KSA

(Manhajuna/IAN)

Beri Komentar (via FB)

http://bursanurulfikri.com/

Lihat Juga:

Sosialisasi Undang-Undang Syariah KUHAP Arab Saudi Sukses Dilaksanakan

Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah Maha Kuasa, acara Sosialisasi Undang-Undang Syariah KUHAP Arab Saudi berhasil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *