Hijri Calendar by Alhabib
Beranda / Konsultasi / Bolehkah Sholat Dhuha Berjamaah ?
>> Sponsorship/Donasi Website Manhajuna <<

Bolehkah Sholat Dhuha Berjamaah ?

Assalammu’alaikum Wr Wb, langsung aja ya pak, kapankah waktu melaksanakan sholat dhuha yang paling baik ? karena saya dan teman2 sekantor saya biasa melaksanakan sholat dhuha sebelum waktu kerja dimulai ( jam 8 pagi) dan kami sering melakukan sholat dhuha secara berjamaah, bolehkah hal itu dilakukan? Sebelumnya saya ucapkan terima kasih. Wassalamu’alaikum Wr Wb

Jawaban:

Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh

Alhamdulillah, Washshalatu wassalamu `ala Rasulillah, wa ba’d.

Al-Imam An-Nawawi rahimahullah dalam kitab Al-Majmu` Syarah Al-Muhazzab menuliskan bahwa ada dua jenis shalat sunnah dalam kaitannya disunnahkan untuk berjamaah atau tidak.

Pertama, shalat sunnah yang dilakukan dengan berjamaah. Contohnya adalah shalat Idul Fithri, shalat Idul Adh-ha, shalat tarawih dan lainnya.

Kedua, shalat sunnah yang tidak dilakukan dengan berjamaah. Contohnya adalah shalat tahajjud atau dhuha`. Namun meski demikian, bukan berarti tidak boleh dilakukan dengan berjamaah. Hanya saja bila dilakukan dengan berjamaah, tidak mendapat pahala berjamaah. Tetai pahala shalat dhuha`nya saja.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,

Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

Sumber : Pusat Konsultasi Syariah

Beri Komentar (via FB)

http://bursanurulfikri.com/

Lihat Juga:

Muhammad(PBUH)

Lahirnya Sang Pencerah Sejati

Oleh: Ustadz Fir’adi Nasruddin, Lc. « إِنَّا أَرْسَلْنَاكَ شَاهِدًا وَمُبَشِّرًا وَنَذِيرًا, لِتُؤْمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَتُعَزِّرُوهُ وَتُوَقِّرُوهُ وَتُسَبِّحُوهُ …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *