Hijri Calendar by Alhabib
Beranda / Kabar / Beasiswa / Buruan Beasiswa di KAUST Jeddah, Arab Saudi 2016/2017
>> Sponsorship/Donasi Website Manhajuna <<

Buruan Beasiswa di KAUST Jeddah, Arab Saudi 2016/2017

Manhajuna – Tahun ini, King Abdullah University of Science and Technology (KAUST) kembali membuka beasiswa untuk pelajar internasional tingkat pascasarjana (S2 dan S3). Pelamar beasiswa dapat mengajukan aplikasi permohonan beasiswa secara online, yang akan ditutup pada tanggal 8 April 2016. Sekilas tentang beasiswa di KAUST.

Semua pendaftaran mahasiswa, baik master maupun PhD, dilengkapi melalui website utama KAUST (http://www.kaust.edu.sa/admissions/admissions.html).

Sebelum memulai pengisian aplikasi, terlebih dahulu kita diharuskan mengisi halaman VIP yang terdiri dari informasi umum personal, minat dan pembuatan akun login untuk pendaftaran. Akun inilah yang kemudian digunakan untuk mengisi aplikasi pendaftaran.

Bila sudah memiliki akun, login bisa dilakukan melalui halaman VIP atau melalui alamat ini.

Halaman utama akan muncul sebagai berikut :

Halaman Utama Aplikasi Pendaftaran Online

 

Setelah login dengan akun yang telah dibuat sebelumnya, maka akan muncul halaman berikut (misal. nama pendaftar: Siti Jubaedah) :

Main Page

 

Halaman ini berisi resume mulai dari awal proses pendaftaran hingga pengumuman hasil. Disini proses pendaftaran dan penerimaan Siti Jubaedah telah selesai sehingga sudah muncul decision status. Untuk pendaftar, bagian pengisian/pemeriksaan aplikasi ditandai oleh panah.

 

Application Admission Main Page

Karena Siti Jubaedah telah selesai mengisi aplikasi dan men-submit-nya maka terdapat keterangan bahwa application has been successfully submitted.

Di sebelah kiri terdapat daftar informasi yang harus dilengkapi yang terdiri dari :

Tampilan, penjelasan singkat dan instruksi yang diberikan untuk setiap tabulasi dapat dilihat pada tautan masing-masing. Setiap data yang telah diisikan dapat direvisi kembali hingga aplikasi tersebut selesai di-submit.

Selain daftar di atas ada juga bagian rekomendasi yang harus dilengkapi oleh 3 orang, baik itu dosen pembimbing, atasan di perusahaan (bila sudah pernah bekerja) atau pejabat kampus. Pendaftar hanya perlu memberikan daftar nama, jabatan, alamat dan email ketiga orang referee tersebut, dan pihak KAUST-lah yang akan menghubungi mereka untuk memberikan rekomendasi secara online. Yang dapat kita lakukan adalah mengontrol melalui aplikasi kita apakah sang referee telah memberikan rekomendasinya dan juga mengirim email pengingat yang akan dikirim langsung oleh KAUST. Sebenarnya, rekomendasi dapat juga dilengkapi secara offline dan dikirimkan dalam amplop tertutup langsung ke pihak admission KAUST. Formulir rekomendasi sudah ditentukan oleh KAUST dan dapat dilihat disini. Bila pengisian aplikasi telah selesai, klik icon submit hingga muncul tampilan seperti berikut.

Check Your Application

Daftar dokumen yang harus disertakan dapat dilihat disini. Pada saat pendaftaran, semua softcopy dokumen dikirimkan via aplikasi onlineBila sudah diterima baru kemudian dokumen terlegalisasi aslinya harus dikirimkan langsung sebelum proses kepindahan ke KAUST.

Pada tahap pengisian aplikasi online ini sebenarnya pendaftar bisa saja belum memiliki sertifikat english proficiency test (TOEFL atau IELTS) dan GRE, tetapi harus menyertakan rencana tanggal tes dalam waktu dekat tentunya. Meski begitu, sebaiknya segala persyaratan akan lebih baik bila dilengkapi di awal untuk memperkuat posisi kita di tim admission.

Sebagai gambaran umum saja bahwa pendaftar KAUST semakin tahun semakin banyak dan tentunya proses seleksi pun akan semakin ketat. Oleh karena itu, berusahalah memperkuat kandidansi kita melalui essay dan CV yang memukau, hasil tes standar yang jauh di atas rata-rata dan terutama melalui publikasi. Selain itu, khusus bagi pendaftar program PhD, approval dari profesor adalah senjata yang ampuh bagi tim admission dalam memilih calon mahasiswa. Bila ada kendala dalam proses pendaftaran, pendaftar dapat langsung menghubungi pihak admission melalui email admissions@kaust.edu.sa

Sumber: Kaustina.org

(Manhajuna/GAA)

Beri Komentar (via FB)

http://bursanurulfikri.com/

Lihat Juga:

Indikasi Sukses Ramadhan

Oleh: Ustadz Ahmad Mudzoffar Jufri, MA Manhajuna.com – Ramadhan merupakan salah satu momentum paling istimewa dan …

4 Komentar

  1. Elisa Asmawati Madijono

    Assalamu’alaykum wa Rahmatullahi wa Barokatuh.
    Saya Lulusan S1 dari Teknik Industri (1991) dan Kedokteran (2009) apakah memungkinkan untuk ikut beasiswa ini? berhubung bahasa Arab saya sangat minim, kecuali membaca Al-Qur’an Alhamdulillah lancar..
    Terimakasih wa assalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *