Hijri Calendar by Alhabib
Beranda / Kabar / Beasiswa / Buruan, Beasiswa Pascasarjana KFUPM Tahun 2016
>> Sponsorship/Donasi Website Manhajuna <<

Buruan, Beasiswa Pascasarjana KFUPM Tahun 2016

Manhajuna.com – Universitas Raja Fahd untuk Minyak Bumi dan Mineral dalam bahasa Inggris King Fahd University of Petroleum and Minerals (KFUPM atau UPM) (bahasa Arab: جامعة الملك فهد للبترول و المعادن, Jāmiʿat al-Malik Fahd li-l-Bitrūl wa-l-Maʿādin – short: bahasa Arab: جامعة البترول Jāmiʿat al-Bitrūl) adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Dhahran, Arab Saudi yang berdiri pada 8 Syawwal 1384 H / 9 Februari 1965 dan merupakan salah satu perguruan tinggi yang pertama didirikan di Arab Saudi. Perubahan nama universitas ini dari Universitas Minyak Bumi dan Mineral ke Universitas Raja Fahd untuk Minyak Bumi dan Mineral setelah kunjungan Raja Fahd bin Abdul Aziz ke universitas ini. Universitas ini merupakan salah satu perguruan tinggi yang maju dibidang sains dan teknologi di Arab Saudi.

Menurut QS Word Ranking 2013-2014, King Fahd University of Petroleum and Minerals (KFUPM) berada diperingkat 216 dengan score 49.9 di dunia. Universitas ini telah mengadopsi pelatihan lanjutan di bidang pendidikan, teknik, dan menejemen sebagai tujuan mempromosikan kepemimpinan dan pelayanan. Universitas yang menjadi peringkat tertinggi di Arab Saudi ini, terletak di Dahran, propinsi disebelah timur Arab Saudi. Presentasi tentang KFUPM dapat dilihat disini.

Saat ini sedang membuka pendaftaran jenjang S2 dan S3 bagi calon mahasiswa non Arab saudi. Pendaftaran akan berakhir pada: 5 Oktober 2016. Selengkapnya dapat dilihat disini.

Informasi Umum Kampus

Lokasi : Dhahran, Provinsi As Syarqiyyah, Saudi Arabia.
Berdiri : 23 September, 1963
Jumlah lulusan : lebih dari 18.000 alumni (termasuk lebih dari 1800 lulusan S2)
Telephone: +966 (13) 860 0000
Email: info@kfupm.edu.sa

Program Studi S2 dan S3 yang ditawarkan

Saat ini kurang lebih ada 37 Program S2 and 15 Program S3 yang ditawarkan oleh KFUPM. Adapun daftar program studi yang ditawarkan selengkapnya dapat dilihat disini.

Fasilitas Beasiswa

  • Uang saku 890 SAR/bulan
  • Asrama 1 kamar untuk 2 orang (Master) , 1 kamar untuk 1 orang (PhD)
  • Tiket Pulang Pergi ke Indonesia setiap tahun pada liburan semester genap (Liburan Musim Panas)
  • Buku mata kuliah gratis
  • Layanan medis gratis
  • Bus kampus
  • Makanan bersubsidi di restoran mahasiswa (1 kali makan cukup bayar 4 SAR)
  • Uang ketika pertama kali datang 1800 SAR (tidak dicantumkan di web, diberitahukan lewat email ketika telah diterima)
  • Fasilitas olahraga seperti kolam renang, gym, lapangan futsal, lapangan badminton, lapangan basket, lapangan voli, tenis meja (tambahan informasi dari kami)
  • Fasilitas mall yang memiliki TV layar lebar untuk menonton pertandingan bola (tambahan informasi dari kami)

Keterangan resmi tentang fasilitas beasiswa dapat dilihat disini.

Berkas Utama Pendaftaran

  1. Scan Paspor
  2. Scan Transkrip nilai S1 ( dan transkip nilai S2 jika mendaftar PhD program) berbahasa Inggris. Jika transkrip nilai Anda masih berbahasa Indonesia silakan diterjemahkan ke bahasa Inggris. Dalam keterangan resminya minimal IPK S1 yang diterima adalah 3.00 dari skala 4.00 (dan IPK S2 minimal 3.00 dari skala 4.00 untuk PhD Program)
  3. Scan Ijazah S1 ( dan ijazah S2 jika mendaftar PhD program) berbahasa Inggris. Jika ijazah Anda masih berbahasa Indonesia silakan diterjemahkan ke bahasa Inggris.
  4.  File Statement Purpose (membuat essay tentang motivasi karir dan penelitian, contohnya banyak di google)
  5.  Recommendation Letter. Siapkan 3 email dosen yang bersedia untuk memberikan rekomendasi terkait profil Anda. Mereka akan dikirimi link untuk mengisi formulir rekomendasi secara online.
  6. Scan sertifikat GMAT (*khusus program MBA- Bisnis)

Berkas lain yang  perlu disiapkan untuk pendaftaran

  • Sertifikat TOEFL  (min. is 68 iBT atau 6 IELTS atau 520 PBT untuk Master program)  dan (79 iBT atau 6.5 IELTS atau 550 PBT untuk PhD program). Perlu dicatat Kode TOEFL KFUPM adalah 0868 (diperlukan saat tes iBT).
  • Sertifikat GRE  (min. Quant. is 156, min. Analytical is 4.0). Perlu dicatat Kode GRE KFUPM adalah 0868 (diperlukan saat tes GRE).

Teknis Pendaftaran

Setelah berkas utama siap lanjutkan pada langkah-langkah teknis pendaftaran di website KFUPM seperti mengisi formulir dan upload dokumen dapat mengikuti panduan ini.

Info selengkapnya dapat dilihat disini. Jika masih ada pertanyaan yang berkaitan tentang pendaftaran di KFUPM, silahkan lihat selengkapnya disini atau dapat menghubungi pihak kampus melalui Email: gs-admissions@kfupm.edu.sa.

Sudah siap mendaftar di KFUPM?!, langsung klik LINK INI.

(Manhajuna/GAA)

Beri Komentar (via FB)

http://bursanurulfikri.com/

Lihat Juga:

foto-lipia

Pendaftaran Mahasiswa/i LIPIA, Kuliah Online Jarak Jauh 2016

Manhajuna.com – Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) merupakan universitas milik Kerajaan Arab Saudi, kampus …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *