Hijri Calendar by Alhabib
Beranda / Kabar / Capaian Kinerja KBRI Riyadh Tahun 2015 (Bag. II)
>> Sponsorship/Donasi Website Manhajuna <<

Capaian Kinerja KBRI Riyadh Tahun 2015 (Bag. II)

Di bidang politik dan keamanan, pada tahun 2015, KBRI Riyadh mencatat keberhasilan dalam mengkoordinasikan pelaksanaan kunjungan kenegaraan Presiden RI, Joko Widodo pada 11-12 September 2015 yang telah membawa hubungan bilateral antara Indonesia dan Arab Saudi ke jenjang yang lebih tinggi, dengan adanya komitmen kuat dari kedua Pimpinan negara untuk meningkatkan hubungan terutama di bidang investasi energi dan perminyakan serta pengembangan sektor pariwisata di Indonesia.

Tahun 2015 juga mencatat kunjungan Menteri Luar Negeri Arab Saud, Adel Al-Jubeir ke Indonesia pada 22 Oktober 2015 sebagai kunjungan Menlu Arab Saudi yang pertama kali sejak 45 tahun terakhir.
Selain itu, KBRI juga telah berhasil dalam menfasilitasi penandatanganan Deklarasi Dialog Strategis Indonesia – Gulf Cooperation Council (GCC) oleh Menlu RI dan Sekjen GCC pada 12 September 2015 di sela-sela kunjungan Presiden RI.

Pada Februari 2015, delegasi Kementerian Pertahanan RI juga telah berkunjung ke Arab Saudi dalam rangka membahas tindaklanjut kerjasama bidang pertahanan dan penerimaan hibah laboratorium bahasa Arab. Di samping itu, KBRI juga telah menfasilitasi 3 staf Kemenhan (2 militer+1 pns) untuk mengikuti kursus bahasa Arab yang diselenggarakan Kementerian Arab Saudi di Riyadh.

Di bidang ekonomi, pada tahun 2015, KBRI Riyadh secara aktif terus meningkatkan diplomasi ekonominya dalam rangka mendorong peningkatan nilai ekspor Indonesia ke Arab Saudi dan mendorong lebih banyak arus investasi dan wisatawan Arab Saudi ke Indonesia. Diantara kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka diplomasi ekonomi, adalah penyelenggaraan business meeting, 30 Agustus 2015 tentang kesempatan bisnis dan investasi di Indonesia yang dihadiri 25 CEO/Pimpinan Perusahaan Ternama Arab Saudi dan Business and Investmen Forum (12 September 2015) yang dihadiri 72 CEO/Pimpinan Perusahaan Arab Saudi. Pada pelaksanan Trade Expo Indonesia (TEI) di Jakarta, 21-25 Oktober 2015, KBRI Riyadh juga berhasil mengkoordinasikan kedatangan buyers Arab Saudi sebanyak 125 pengusaha.

Selain itu, pada tanggal 11 Nopember 2015, KBRI Riyadh juga telah menfasilitasi pertemuan delegasi RI yang dipimpin Menteri ESDM dengan delegasi Arab Saudi yang dipimpin Achmad Al-Khatib (Penasehat Dewan Kerajaan) guna membahas tindak lanjut rencana investasi Arab Saudi di Indonesia, yang hasilnya adalah penandatanganan Heads of Agreement (HOA) Proyek Pengembangan Kilang Cilacap senilai US $ 5,5 milyar pada 26 November 2015.

Sementara untuk meningkatkan jumlah wisatawan Arab Saudi ke Indonesia, KBRI Riyadh pada bulan April 2015 telah mengikuti pameran wisata “Riyadh Travel Fair” dan melakukan kegiatan sales mission paket wisata Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI di Riyadh pada 16 November 2015 dan di Dammam pada 18 November 2015.

Sebagai hasilnya, tercatat untuk periode Januari – Oktober 2015, ekspor non migas Indonesia mengalami kenaikan sebesar 15,60 % dengan total angka US $ 1,82 milyar dibandingkan periode yang sama pada tahun 2014 yang mencapai US $ 1,57 milyar. Jumlah wisatawan Arab Saudi ke Indonesia untuk periode Januari – Oktober 2015 pun mengalami kenaikan sebesar 5,54 % dengan angka sebanyak 139.034 wisatawan dibandingkan periode yang sama pada tahun 2014 yang mencapai 131.740 wisatawan.

Di bidang pendidikan, penerangan, sosial dan budaya, pada tahun 2015, KBRI juga mencatatkan hasil kinerja yang baik, antara lain keberhasilan dalam melakukan pembinaan dan memberikan dukungan operasional penyelenggaraan Sekolah Indonesia di Riyadh, Jeddah dan Makkah bagi anak-anak usia sekolah dengan jumlah murid sekitar 1.900 siswa mulai dari jenjang TK hingga SMU, selain juga melakukan pembinaan terhadap para mahasiswa Indonesia yang berada di berbagai universitas di Arab Saudi yang berjumlah sekitar 630 mahasiswa.

Pada tahun 2015, KBRI Riyadh telah berhasil menerbitkan buku “Menapaki Jejak Dua Saudara: Potret Hubungan Indonesia – Arab Saudi” yang dicetak dengan hard cover (242 halaman) yang merupakan dokumentasi dan rekaman sejarah dan perkembangan hubungan Indonesia dan Arab Saudi sejak sebelum kemerdekaan hingga periode akhir tahun 2014. Selain itu, KBRI Riyadh juga telah menerbitkan dan mencetak majalah wisata dalam Bahasa Arab dengan judul “إندونيسيا: الجنة على الأرض – زيارة سياحية لن تنساها )Indonesia: Surga di atas Bumi — Perjalanan Wisata yang takkan Terlupakan) sebagai sarana promosi pariwisata Indonesia guna mendorong peningkatan arus wisatawan Arab Saudi ke Indonesia.

KBRI Riyadh juga telah memberikan pelayanan keprotokolan dengan memberikan fasilitasi kepada tamu/delegasi RI yang datang ke wilayah akreditasi KBRI Riyadh. Sepanjang tahun 2015, tercatat 52 kunjungan dengan jumlah tamu/delegasi sebanyak 317 orang. (A2f)

Sumber: Halaman FB Pensosbud KBRI Riyadh

Baca juga : Capaian Kinerja KBRI Riyadh Tahun 2015 (Bag. I)

(Manhajuna/GAA/IAN)

Beri Komentar (via FB)

http://bursanurulfikri.com/

Lihat Juga:

Raja Salman Menelepon Presiden Jokowi Menyampaikan Belasungkawa

Manhajuna.com – Raja Salman-Penjaga dua Masjid Suci, menelepon Presiden Indonesia Joko Widodo pada hari Jumat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *