Hijri Calendar by Alhabib
Beranda / Hikmah / Ciptakanlah Kebiasaan Harian Untuk Sukses
>> Sponsorship/Donasi Website Manhajuna <<

Ciptakanlah Kebiasaan Harian Untuk Sukses

Oleh: Fahd Al-Ahmad

Diterjemahkan oleh: Dr. Muzakkir M. Arif

Sekitar 22 tahun yang lalu, saya mendapatkan pelajaran penting untuk sukses, yaitu: SUKSES ITU KONSISTENSI. Sukses itu tidak selamanya tergantung pada kuantitas, tapi ia memerlukan konsistensi.

Sukses itu tidak selamanya memerlukan kerja besar dan cita cita besar, tapi lebih memerlukan pembiasaan kebiasaan harian yang mudah tapi dilakukan seumur hidup. Buatlah keputusan untuk membangun kebiasaan harian yang rutin, tanpa membebani pikiran dengan kesuksesan besar.
Contoh:

* Tak perlu membebani pikiran dengan keinginan menghafal Al-Qur’an 30 Juz, tapi mulailah menghafal beberapa Ayat setiap hari, atau dua Ayat setiap hari, atau bahkan walaupun hanya satu Ayat setiap hari.

* Tak perlu membebani pikiran dengan keinginan untuk mengembalikan bentuk tubuh yang ramping, tapi mulailah mengkhususkan waktu 30 menit setiap hari untuk berolah raga.

* Tak perlu membebani pikiran dengan keinginan untuk menguasai ilmu tertentu, tapi mulailah kebiasaan membaca buku tentang ilmu itu, beberapa halaman setiap hari.

* Tak perlu membebani pikiran dengan menjalankan diet ketat untuk menurunkan berat badan sampai 30 kg dalam 2 bulan, tapi mulailah membangun pola makan yang sehat dan pola hidup yang sehat setiap hari.

Usia kita semua berlalu dengan cepat. Kalau kita merutinkan kebiasaan sukses setiap hari, walaupun sederhana dan mudah, in sya Allah, kita akan sangat heran dengan kesuksesan yang kita capai setelah satu tahun atau dua tahun yang akan datang. Kita tidak sekedar mewujudkan impian kita selama ini, tapi kita mencapai kesuksesan yang jauh melebihi apa yang kita impikan. Kita saja akan terheran heran, apalagi orang lain.

Coba bayangkan bahwa kita menetapkan untuk mengkhususkan 75 Menit (1 jam 15 menit) setiap hari untuk empat kebiasaan harian:

1. 15 menit khusus untuk menghafal Al-Qur’an.

2. 30 menit khusus untuk joging.

3. 15 menit khusus untuk membaca buku yang membahas ilmu tertentu, untuk pengembangan diri.

4. 15 menit khusus untuk -misalnya- mempelajari Bahasa Asing.

In sya Allah, beberapa tahun kemudian, -yang akan berlalu dengan sangat cepat-, kita akan heran bahwa kita sudah hafal Al-Qur’an 30 Juz, kita juga sudah mencapai bentuk tubuh yang atletis, kita juga sudah membaca puluhan buku yang berkualitas, kita juga sudah menguasai Bahasa Asing yang kita pelajari.

Semua itu bisa kita capai dengan hanya menyisihkan 1 Jam 15 menit setiap hari. Sangat singkat sekali, karena selain itu, kita masih punya waktu 22 Jam 45 menit setiap hari.

Sukses itu secara sederhana, memerlukan: KEBIASAAN SUKSES SETIAP HARI.
Kesuksesan kesuksesan harian itu bertumpuk dan menyatu menjadi SUKSES BESAR yang melampaui impian semula.

Ringkasan tulisan ini ialah: “Sesungguhnya amal yang paling disenangi oleh Allah ialah: AMAL YANG PALING RUTIN, WALAUPUN SEDIKIT“. Itulah yang disabdakan oleh Nabiyyul Ummah, Nabi Muhammad -Sallallahu ‘Alaihi Wa Sallam- sebagaimana yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim.

(Manhajuna/IAN)

(Visited 62 times, 1 visits today)

Beri Komentar (via FB)

http://bursanurulfikri.com/

Lihat Juga:

Ayat Taubat dan Rahmat

Alih Bahasa: Arwani Amin Supar Seiring dengan terjadinya wabah corona yang mendunia, dengan segala pengaruh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *