Hijri Calendar by Alhabib
Beranda / Kolom / Ketentuan Shalat Jamak Qashar (Bagian-1)
>> Sponsorship/Donasi Website Manhajuna <<

Ketentuan Shalat Jamak Qashar (Bagian-1)

Oleh Ustad Abdullah Haidir, Lc.

 

1. Shalat qashar artinya shalat yg jumlah rakaatnya diringkas, dari 4 rakaat menjadi 2 rakaat.

2. Berarti yg dpt di qashar hanyalah shalah Zuhur, Ashar dan Isya. Shubuh & Maghrib tdk dpt diqashar.

3. Sedangkan shalat Jamak adalah 2 shalat yg pelaksanaannya digabung dlm satu waktu. Hanya berlaku utk Zuhur dn Ashar srta Magrib dan Isya.

4. Shubuh tdk dpt dijamak dg Zuhur, Ashar tidak dapat dijamak dengan Maghrib.

5. Shalat qashar jamak dlm ajaran Islam merupakan bentuk rukhshah (keringanan) yg Allah berikan kpd hambaNya.

6. Pendpt yg cukup kuat mengatakan bhw rukhshah sunah diambil. Sebab Allah senang jika keringanan yg diberikan dimanfaatkan hambaNya.

7. Itupula yg dipraktekkan Rasulullah saw jk memenuhi syarat utk shalat qashar dn jamak, beliau melakukannya.

8. Jg kemudian berdalih, krna shalat 4 rakaat lebih banyak, maka dia lebih bagus, atau lebih hati. Kecuali jika syarat2nya tidak terpenuhi.

9. Kapan dn bagaimana shalat qashar dan jamak disyariatkan?

10. Utk shalat qashar, hnya dibolehkan jk seseorang mlakukan safar dlm jarak trtentu. Tdk ada selain itu alasan utk mlakukan qashar shalat.

11. Dalil utamanya ada dalam Al-Quran, An-Nisa 101, dlm banyak riwayat Rasulullah saw melkukan shalat qashar saat sdng safar.

12. Adapun masalah shalat jamak, para ulama tidak bulat pendapatnya, alias tidk ittifaq. Ada yg sangat ketat, ada yg sangat luwes.

13. Yg sangat ketat adalah mazhab Hanafi. Mereka berpendapt shalat jamak tdk disyariatkan, kecuali jamak shalat bagi jamaah haji.
abdullahhaidir1 5 days ago

14. Maksudnya saat jamaah haji wukuf di Arafah, jamak Zuhur Ashar. Dan saat mabit di Muzdalifah, jamak Maghrib Isya.

15. Mrk berdalil bhw shalat telah ditetapkan waktunya masing2 sbagaimana dlm surat An-Nisa 102.

16. Menurut mrk shalat hrs dilakukan pd waktunya masing2, tdk dpt diabaikan begitu saja dg dalil2 yang tdk terlalu meyakinkan.

17. Adapun jumhur ulama (Mazhab Maliki, Syafii dan Hambali) membolehkan jamak shalat di luar itu.

18. Mereka (jumhur ulama) sepakat bahwa safar merupakan sebab dibolehkannya jamak.

19. Banyak riwayat yg menunjukkan bhw Nabi saw melakkan shalat jamak dlm safar.

20. Selain safar, ada lagi yg menjadi sebab dibolehkannya jamak, yaitu hujan, bagi orang yg shalat berjamaah di masjid.

21. Saya pernah bahas masalah ini di sini… tafadhal https://t.co/tNFIMzGS4w

22. Jumhur ulama sepakat bhw safar dan hujan menjadi sebab dibolehkannya menjamak shalat, meskipn ada perbedaan dlm rinciannya.

23. Di luar kedua sebab tsb, mazhab Syafii tdk membolehkan melakukan shalat jamak.

24. Adapun mazhab Maliki dan Hambali berpendapat masih ada sebab lain yg membolehkan melkukan shalat jamak.

25. Dalm mazhab Maliki selain safar dan hujan yg membolehkan jamak shalat, adalah sakit dan jalanan yg berlumpur serta gelap.

26. Adapun mazhab Hambali, dikenal sbg mazhab yg paling luas dlm masalah jamak shalat.

27. Selain safar, hujan, jalan berlumpur, ada lagi sebab lainnya yg membolehkan jamak shalat dlm mazhab Hambali

28. Yaitu wanita istihadhah &menyusui, serta orang yg memiliki alasan dan kesibukan mendesak sehingga sulit melakukan shalat pada waktunya.

29. Maka, jk dirunut, mazhab yg paling ketat dlm masalah jamak shalat adalah mazhab Hanafi, berikutnya Syafii, lalu Maliki, lalu Hambali..

20. Perbedaan ini lahir krn interpretasi ygberbeda2 thd dalil2 yg ada.

31. Begitulah fikih. Bagaimana para ulama berijtihad mengambil kesimpulan dr sudut pandng masing2, tentu dg rambu2 yg ada.

32. Sekarang kita bicarakan safar yg menjadi sebab dibolehkannya qashar dan jamak shalat..
abdullahhaidir1 5 days ago

33. Ada 2 perkara yg penting dipahami dlm masalah safar utk qashar dn jamak shalat; 1- Jarak yg ditempuh 2- Lama menetap saat safar.

34. Jumhur ulama berpendapat bhw sebuah perjalanan dikatakn safar jika menempuh jarak tertentu.

35. Sebagian ulama ada yg berpendapat bhw jarak bkn standar, tapi ‘urf (kebiasaan), berapapun jaraknya…

36. Thayib, kita pakai pendapt jumhur saja. Safar ditetapkan berdasarkn jarak. Berapa jaraknya?

37. Yg seriñģ disebùt2 menģenai batas minìmal jarak safar yg membolehkn qashar jamak adalah 80 km.

38. Angkà 80 tdk harus persis, kurañg sekilo dua kilo tdķ mengàpa. Krn pd zaman dahuĺu jaraķ perjlañàñ ditetapkn berdasrkan wkt tempuh

39. Dlm nash sebuah perjalanan dikatakn safar kalau menempuh jarak 4 burd atau perjalanan sehari semlam.

40. Nah, perjalanan sehari semalam jk nonstop dn normal dg mengendarai onta pada waktu itu dikira2 sama dg kurang lebih 80 km sekarng.

41. Akan tetpi yg harus diketahui 80 km ini dihitung sejak batas kota, bkn dr dlm kota. Standarnya adalh harus keluar dr kotanya.

42. Jk rumahnya dr dlm kota, lalu ke batas kota menempuh 30 km, maka 30 km tsb tdk dihitung.
abdullahhaidir1 5 days ago

43. Juga kalau seseorng sdh menempuh jarak 200 km misalnya, tapi cuma “ngutek2” di dlm kota, itu tetap tdk dikatakn safar.

44. Akan tetapi, utk melaukan shalat qashar dn jamak, seseorng tdk harus menunggu jarak tsb.

45. Jk safarnya diperkirakan menmpuh jarak 80 km lebih, mk ketika keluar btas kota dia sdh boleh qashar dan jamak, walau cuma 1kilo 2kilo

46. Rasulullah saw jika umroh atau haji shalat qashar di Dzulhulaifah, padahal jaraknya dg masjid Nabawi kisaran 10-15 km.

47. Berikutnya ttg lama menetap sehingga seseorang dianggap masih safar yg membolehkannya qashar dan jamak shalat..

48. Maslah lama menetap dlm safar ini juga menimbulkn perbedaan pendapat ulama yg cukup beragam.

49. Ada yg paling luas, yaitu pendapat tdk adanya batas lama menetap.

50. Maksudnya, selama seseorng tinggal di negeri asing dan akan kembali ke negerinya, selama itu dia dlm safar, brlaku baginya hukm safar.

(bersambung)

Beri Komentar (via FB)

http://bursanurulfikri.com/

Lihat Juga:

“Virus” yang Mengancam Jama’ah Haji

Oleh Ust. Abdullah Haidir, Lc. Manhajuna – Siapa yang tak senang mendapatkan kesempatan beribadah haji? Mimpi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *