Pemugaran Terbesar Masjidil Haram

MEKKAH – Proyek pemugaran terbesar dalam sejarah Masjidil Haram yang sedang digulirkan oleh Raja Abdullah mulai menunjukkan kemajuan. Para pekerja dan alat-alat berat terus dipacu 24 jam sehari dan 7 hari dalam sepekan. Proyek ini nantinya mencakup perluasan di sebelah timur laut dan sebelah barat laut masjid seluas 400.000 meter persegi termasuk lokasi tawaf, serta pintu gerbang baru Masjidil Haram yang akan diberi nama Pintu Malik Abdullah lengkap dengan dua menara, sehingga seluruhnya nanti akan berjumlah sebelas menara. Selain itu proyek ini juga mencakup penyediaan sistem pendingin ruangan untuk seluruh Masjidil Haram, jalur khusus orang cacat melaksanakan tawaf dan sa’i, dan jalur khusus yang menghubungkan lokasi tawaf dan halaman masjid.

Sumber-sumber resmi menyebutkan, perluasan besar-besaran ini akan memakan waktu selama tiga tahun, dan setelah selesai maka tempat tawaf (mathaf) Masjidil Haram akan mampu menampung hingga 150.000 jama’ah per jam atau lebih dari 3,5 juta jama’ah per hari.

Berikut foto-foto pemugaran masjid kebanggaan Ummat Islam ini, yang sempat direkam oleh salah seorang pengunjung.

Sumber: www.saudilife.net

(AFS/Manhajuna)

Beri Komentar (via FB)

 

Beri komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Isian yang wajib ditandai dengan *

*

Anda mungkin menggunakan ini HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>