Hijri Calendar by Alhabib
Beranda / Kabar / Pertama Dalam Sejarah, Wanita Saudi Ikut Pemilihan
>> Sponsorship/Donasi Website Manhajuna <<

Pertama Dalam Sejarah, Wanita Saudi Ikut Pemilihan

Manhajuna.com – Pertama kali dalam sejarah Arab Saudi, perempuan dibolehkan berpartisipasi dalam Pemilu. Pemilihan ini dibuka di hari sabtu (12/12) di seluruh Kerajaan Arab saudi untuk suara dalam pemilihan level kota.

Sebanyak 1.486.477 pemilih wanita dan pria telah memberikan suara untuk memilih total 6440 calon, yang terdiri dari 5575 pria dan 865 wanita, dalam pemilihan kota yang merupakan ketiga kalinya dalam sejarah Arab saudi. Pemilihan yang pertama kali diadakan tahun 2005, dan yang kedua di tahun 2011, tanpa adanya kaum perempuan yang ikut memilih dan dipilih di kedua momentum awal pemilihan lokal di Saudi tersebut.

Dari hasil pemilihan pada hari sabtu (12/12), setidaknya 18 perempuan telah terpilih untuk menjadi dewan kota. Salah satu kandidat, Salma binti Hizab Al-Oteibi telah terpilih untuk dewan kota Madrakah, sebuah daerah di Mekkah, seperti dilaporkan kantor berita resmi SPA (Saudi Press Agency), mengutip pernyataan presiden komisi pemilihan Osama Al-Bar.

Harapan atas Pemilihan

Dilansir situs Al Jazeera, seorang pemilih wanita, Najla Harir mengatakan, “Saya menggunakan hak elektoral saya dan kami optimis tentang masa depan yang cerah bagi perempuan di tanah air kita..”

Sedangkan, aktivis perempuan dan penulis Saudi, Hatoon Al-Fassi, mengatakan dalam tweet-nya, “Ini adalah hari yang baru Hari wanita Saudi..”

Sumber: SPA/Aljazeera

(Manhajuna/ATP-GAA)

Beri Komentar (via FB)

http://bursanurulfikri.com/

Lihat Juga:

Indikasi Sukses Ramadhan

Oleh: Ustadz Ahmad Mudzoffar Jufri, MA Manhajuna.com – Ramadhan merupakan salah satu momentum paling istimewa dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *