Hijri Calendar by Alhabib
Beranda / Kabar / Rangkuman Kabar Terbaru Arab Saudi dan Sekitar Edisi 13/1/2017
>> Sponsorship/Donasi Website Manhajuna <<

Rangkuman Kabar Terbaru Arab Saudi dan Sekitar Edisi 13/1/2017

Disarikan oleh: Ustadz Rijal Mahdi LC, MA

Sidang Lanjutan “Musibah Jatuhnya Crane di Mesjid Al-Haram

Persidangan kasus “Musibah Jatuhnya Crane di Mesjid Al-Haram” terus berlanjut. Pengadilan Tindak Pidana di Kota Mekkah menolak permohonan pengacara para tersangka dalam kasus ini untuk menghapus nama mereka dari daftar orang-orang yang tidak boleh melakukan perjalanan ke luar Arab Saudi.

Sumber: http://www.alriyadh.com/1562844

Raja Salman, Mengucapkan Selamat Atas Berhasilnya Operasi Presiden Sudan, dan Dicabutnya Sangsi Amerika Serikat Terhadap Sudan

Pelayan Dua Kota Suci Raja Salman Bin Abdul Aziz melakukan pembicaraan melalui telepon dengan Presiden Sudan Umar Al-Basyir. Dalam pembicaraannya, Raja Salman mengucapkan selamat kepada Al-Basyir karena proses operasi Presiden Sudan itu telah berhasil dengan selamat. Selain itu,  Raja Salman juga mengucapan selamat kepada Al-Basyir terkait telah dicabutnya sanksi ekonomi  oleh Amerika Serikat terhadap Sudan. Al-Basyir juga mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Raja Salman karena dukungan yang telah diberikan oleh Arab Saudi dalam pencabutan sanksi ekonomi tersebut.

Sumber: http://www.alriyadh.com/1562888

Khutbah Jumat di Masjidil Haram: “Mensucikan Diri dan Mendidik Tingkah Laku

Khutbah Jumat di Masjidil Haram pada 15/05/1438H: Syeikh Shaleh Bin Muhammad Ali Thalib menyampaikan khutbah Jumat dengan tema “Mensucikan Diri Dan Mendidik Tingkah Laku”. Syeikh Shaleh mengingatkan kaum muslimin tentang pentingnya mendidik diri dan mensucikan jiwa. Mendidik diri bukanlah sekedar slogan emosional atau penyempurnaan akhlak semata. Syeikh Shaleh juga mengingatkan kaum muslimin tentang wajibnya membela agama dari kelompok yang berusaha merusak prinsip-prinsip agama dan akhlak di tengah masyarakat.

Sumber:  http://www.alharamain.gov.sa/index.cfm?do=cms.khutbah

Khutbah Jumat di Mesjid Nabawi: “Hal-hal yang Dapat Menggelincirkan Manusia dari Jalan Allah SWT

Khutbah Jumat di Mesjid Nabawi pada 15/05/1438H: Syeikh Ali Bin Abdurrahman Al-Huzaifi menyampaikan khutbah dengan tema “Hal-Hal Yang Dapat Menggelincirkan Manusia Dari Jalan Allah SWT”. Syeikh Al-Huzaifi memulai khutbahnya tentang janji-janji Allah dalam Al-Quran, Allah SWT tidak mengingkari janjinya, serta kenikmatan yang telah dijanjikan Allah kepada mereka yang taat kepada-Nya, ancaman kepada mereka yang kafir dan bemaksiat kepada-Nya. Diantara yang dapat menggelincirkan manusia dari kebenaran adalah “Hawa Nafsu, Syaitan, Dunia”. Dipenghujung khutbahnya, Syeikh Al-Huzaifi memberikan tips agar seorang mukmin sukses dari hal-hal ini dan berhasil menggapai ridha dan syorga-Nya.

Sumber:  http://www.alharamain.gov.sa/index.cfm?do=cms.khutbah

Angkatan Laut Arab Saudi dan Angkatan Laut Sudan Latihan Bersama di Laut Merah

Angkatan Laut Arab Saudi dan Angkutan Laut Sudan menggelar latihan jilid dua dengan tema “Orbit II” di kawasan Laut Merah pada Kamis lalu. Juru Bicara Tentara Republik Sudan menjelaskan bahwa tujuan latihan ini adalah untuk menjaga stabilitas keamanan di Laut Merah, menjaga perairan kawasan, dan mengamankan maritime kawasan dari bahaya pembajakan dan penyelundupan.

Sumber: http://www.alhayat.com/Articles/19579299

Yayasan Raja Salam Telah Mengucurkan Bantuan 680 juta dolar 10 tahun Terakhir

Yayasan Raja Salman Untuk Kemanusian telah memberikan bantuan lebih dari 680 juta dolar semenjak dekade terakhir. Bantuan kemanusian ini tersebar di 33 negara di dunia. Bantuan yang telah diberikan berupa makanan, tempat tinggal, kemah untuk pengungsi, bantuan pendidikan, di bidang kesehatan, penyediaan sumber air, proyek telekomunikasi, dll yang tersebar di empat benua di dunia.

Sumber: http://www.alhayat.com/Articles/19587822

5 Diplomat UAE Meninggal di Kandahar Afganistan Akibat Insiden Ledakan Bom Terorisme

Syeikh Khalifah Bin Zaid Al Nahyan Pemimpin Emirat mengumumkan 5 orang diplomat Negara Emirat yang meninggal dunia pada insiden ledakan bom terorisme yang terjadi pada Selasa sore 10/01/2017 di Provinsi Kandahar, Afghanistan. Kelima diplomat Emirat tersebut adalah Muhammad Ali Zainal Al-Bustaki, Abdullah Muhammad Isa Ubaid Al-Ka`bi, Ahmad Rasyid Salim Ali Al-Mazru`i, Ahmad Abdurrahman Ahmad Kulaib At-Tunaiji, dan Abdul Hamid Sulthan Abdullah Ibrahim Al-Hammadi yang sedang bertugas dalam misi kemanusian, pendidikan, dan pengembangan di Afghanistan.>

Sumber: http://www.alriyadh.com/1562338

Tentara AS Menembak Dirinya Sendiri di Camp Pasukan AS yang Terletak di Kuwait

Kementerian Dalam Negeri Kuwait memberitakan bahwa seorang tentara Amerika telah menembak dirinya sendiri di Camp Pasukan Amerika Serikat yang terletak di Provinsi Bagian Selatan Kuwait. Tentara tersebut dilarikan ke Rumah Sakit Al-Adan, hanya saja tidak dapat diselamatkan. Saat ini pihak kemanan masih mencari detailnya kejadian itu.

Sumber: http://okaz.com.sa/article/1520679

Pernyataan Mufti Arab Saudi Terkait Pengelolalan Dunia Perfilman dan Entertainment di Arab Saudi

Mufti Arab Saudi sekaligus Ketua Dewan Ulama Senior Arab Saudi Syeikh Abdul Aziz Bin Abdullah Ali Syeikh mengatakan bahwa pengelolaan dan pengaturan dunia perfilman dan dunia entertainment di Arab Saudi merupakan perbuatan yang dapat merusak akhlak dan dapat merubah identitas dan budaya masyarakat Arab Saudi. Ungkapan ini disampaikan oleh Mufti Kerajaan menanggapi pertanyaan penanya dalam acara “Bersama Mufti” yang ditayangkan oleh Chanel TV Al-Majd pada 13 Januari lalu setelah Badan Perfilman Arab Saudi mengumumkan rencana badan tersebut akan mengelola dunia perfilman dan entertainment di negara itu.

Sumber: http://www.ajel.sa/local/1831731

(Manhajuna/IAN)

Ustadz Rijal Mahdi LC, MA

Ustadz RIJAL MAHDI LC, MA: Seorang putera Minangkabau aktif dalam dunia penerjemahan buku-buku islami, diantara karya yang telah diterbitkan;“Mudahnya Jalan Ke Syurga, Cakna Remaja, Ulama Warasatul Anbiya`; Ide & Program”. Menyelesaikan S-1 di International Islamic Call Collage Tripoli-Libya, S-2 di Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA) Brunei Darussalam, dan saat ini sedang menempuh pendidikan S-3 nya dalam bidang Sastera Arab di King Saud University (KSU), Riyadh-Arab Saudi. Selain menterjemah dan belajar, aktif di Forum Majelis Ta`lim Riyadh (FORMATRA).

Beri Komentar (via FB)

http://bursanurulfikri.com/

Lihat Juga:

Indikasi Sukses Ramadhan

Oleh: Ustadz Ahmad Mudzoffar Jufri, MA Manhajuna.com – Ramadhan merupakan salah satu momentum paling istimewa dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *