Hijri Calendar by Alhabib
Beranda / Hikmah / Sudahkah Anda Mengadu Kepada Allah ?
>> Sponsorship/Donasi Website Manhajuna <<

Sudahkah Anda Mengadu Kepada Allah ?

Saudaraku…

Yang namanya problem dalam kehidupan tidak akan pernah berhenti. Yang satu selesai, yang lain datang lagi, begitulah dia datang silih berganti menghiasi kehidupan kita. Itu memang sudah ketetapan Allah bagi kehidupan manusia. Siapapun orangnya, apapun status dan kedudukannya.

Saudaraku…..

Sering, ketika diri ini terasa berat menanggung beban, maka kita mengadu kepada orang-orang di sekeliling kita. Dengan harapan ada jalan keluar yang kita dapatkan, atau minimal sekedar melepas keluh kesah yang ada.

Bukan masalah sebenarnya mengadu kepada orang lain atas setiap problem yang kita hadapi sepanjang dilakukan dengan wajar dan kepada orang-orang yang terpercaya.

Namun saudaraku,,,ada tempat mengadu yang sering kita lupakan atau abaikan, padahal kesanalah seharusnya pengaduan tersebut pertama kali kita sampaikan sebelum kepada manusia. Yaitu mengadu kepada Pemilik kita dan kehidupan kita; Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Dalam al-Quran, dapat kita baca pengaduan para Nabi kepada Allah Ta’ala; Nabi Yusuf  atas fitnah yang menimpanya,[1]) Nabi Zakaria yang belum juga mendapatkan keturunannya di usia senja, [2]) Nabi Nuh ketika menghadapi kaumnya yang membangkang, [3]) Nabi Yunus dalam kesendirian dan kegelapannya.[4])alahihimusshalatu wassalam.

Begitupula Rasulullah ﷺ dalam kehidupan dan perjuangannya selalu mengadu kepada Allah Ta’ala; Ketika beliau diusir penduduk Tha’if, ketika hendak perang Badar, ketika hendak perang Ahzab dll.

Karena itu saudaraku….. ikutilah jejak para nabi, mengadulah kepada Allah Ta’ala ketika kita menghadapi berbagai problem kehidupan ini, sebelum kita mengadu kepada manusia.

Mintalah ampun kepada Allah, Pasrahkan diri kita, nyatakan ketidakberdayaan kita, tumpahkan segala harapan dan permohonan kita kepada-Nya, basahi pipi kita dengan simbahan air mata, dan yakinkan diri kita akan  pertolongan-Nya.

Apalagi saudaraku, dibanding mengadu kepada manusia, mengadu kepada Allah memiliki beberapa keuntungan :

  • Dimasukkan dalam Ibadah dan tentu berpahala.
  • Dijamin terjaga rahasianya.
  • Kita menjadi tidak sungkan mengekspresikan pengaduan.
  • Semakin mendekatkan diri kita kepada Allah.
  • Mendatangkan ketenangan, karena yakin bahwa pengaduan kita pasti di dengar dan dijawab oleh-Nya dalam bentuk dan waktu yang Dia kehendaki.

Semoga Allah berikan jalan keluar atas setiap problem yang kita hadapi. Amiin.

Catatan Kaki:

  1. Lihat surat Yusuf: 86
  2. Lihat surat Maryam: 1-6.
  3. Lihat surat Nuh: 5 dst.
  4. Lihat surat Al-Anbiya: 86

Sumber: Buku Nasihat dari Hati ke Hati, Ustadz Abdullah Haidir Lc, Murajaah Fir’adi Nashrudin, Lc, Penerbit Kantor Dakwah Sulay, Riyadh, KSA

(Manhajuna/IAN)

Beri Komentar (via FB)

http://bursanurulfikri.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *