Hijri Calendar by Alhabib
Beranda / Kabar / Telah Wafat Imam Besar Masjid Nabawi
>> Sponsorship/Donasi Website Manhajuna <<

Telah Wafat Imam Besar Masjid Nabawi

Manhajuna.com – Innaalillahi wa inna ilaihi raaji’un, telah wafat Syaikh Dr. Muhammad Ayyub, seorang Qari’, Imam Al-Haram Asy-Syarif pada hari Sabtu (16/4) sebelum subuh waktu Arab saudi pada umur mendekati 68 tahun.

Foto terakhir beliau saat mau mengimami shalat isya di masjid miliknya di kota Madinah (15/4).

Muhammad Ayyub bin Muhammad Yusuf bin Sulaiman Umar (bahasa Arab: محمد أيوب بن محمد يوسف بن سليمان عمر) (lahir di Mekkah, pada tahun 1372 H (1952/1953 M)) adalah seorang Imam, qari dan cendikiawan islam yang terkenal dengan bacaan qur’annya. Beliau adalah mantan Imam Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Sebelum wafat, beliau merupakan pengajar tafsir di Fakultas al-Qur’an dan Studi Islam, Universitas Islam Madinah, anggota Komite Ilmuwan Komplek Percetakan Al-Qur’an Raja Fahd dan Imam Masjid Hasan asy-Sya’ir, Madinah.

Beliau menjadi imam dua masjid kota suci sejak 1410 H hingga 1417 H. Kemudian dalam sebuah wawancara, beliau menyampaikan bahwa keinginan beliau sebelum wafat adalah kembali menjadi imam di dua masjid kota suci, dan pada Ramadhan kemarin 1436 H, impian itu terwujud setelah Raja Salman menunjuk beliau sebagai imam shalat tarawih di Masjid Nabawi. Rekaman shalat tarawih terakhir beliau di Masjid Nabawi pada 29 Ramadhan 1436 H;

Beliau pernah menjadi imam di berbagai masjid di Arab Saudi, Kuwait, Uni Emirat Arab dan Bahrain. Muhammad Ayyub merupakan keturunan Burma dan mengikuti mazhab Hanafi.

Dilansir dari halaman Facebook salah seorang mahasiswa yang menulis bahwa video rekaman tilawah di salah satu kelas Fakultas Dakwah dan Ushuluddin belum lama ini Syaikh Muhammad Ayyub membaca ayat-ayat terakhir di surat Qaf:31-33,

وَأُزْلِفَتِ الْجَنَّةُ لِلْمُتَّقِينَ غَيْرَ بَعِيدٍ # هَٰذَا مَا تُوعَدُونَ لِكُلِّ أَوَّابٍ حَفِيظٍ # مَنْ خَشِيَ الرَّحْمَٰنَ بِالْغَيْبِ وَجَاءَ بِقَلْبٍ مُنِيبٍ

Berikut ini adalah rekaman beliau saat beliau menjadi imam sholat isya di masjid miliknya sesaat sebelum wafat. Insya Allah setelah shalat dzuhur hari ini akan disholatkan di Masjid Nabawi dan dimakamkan di Pemakaman Baqi’.

Berikut ini adalah video iring-iringan jenazah beliau ketika dibawa ke Pemakaman Baqi’.

Semoga Allah mengampuni segala dosa-dosa beliau dalam jiwa yang damai, dan tercurah kesabaran kepada keluarganya, dan semoga Allah merahmati Al-Syaikh DR Muhammad Ayyub dengan Rahmat-Nya yang luas. Dan meninggikan derajatnya di sisi Allah Ta’ala dan menggantikannya untuk kaum muslimin dengan pengganti yang lebih baik.

(Manhajuna/GAA)

Beri Komentar (via FB)

http://bursanurulfikri.com/

Lihat Juga:

2045513Haji041443093494-preview780x390

Keutamaan Dan Amalan Hari-Hari Tasyriq

Oleh: Ustadz Ahmad Mudzoffar Jufri, MA Manhajuna.com – Tasyriq adalah nama atau sebutan bagi tiga …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *