Hijri Calendar by Alhabib
Beranda / Wawasan / Tips Mencegah Rasa Kantuk Saat Bekerja di Siang Hari (II)
>> Sponsorship/Donasi Website Manhajuna <<

Tips Mencegah Rasa Kantuk Saat Bekerja di Siang Hari (II)

Manhajuna.com – Melanjutkan artikel sebelumnya Tip Mencegah Rasa Kantuk Saat Bekerja di Siang Hari (I), berikut informasi tambahan terkait langkah-langkah yang dapat ditempuh untuk menghindari rasa kantuk di siang hari.

Mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, rutin dan teratur

Disamping jadwal tidur yang teratur, mengkonsumsi makanan dan minuman sehat secara rutin dan teratur (baik sarapan, makan siang, atau makan malam), juga merupakan faktor yang sangat penting untuk mempengaruhi ritme tubuh. Hindari alkohol, disamping jelas diharamkan oleh agama Islam, alkohol bisa memberikan efek sangat buruk bagi ritme tidur. Selain itu, selesaikan makan malam 2 sampai 3 jam sebelum waktu tidur.

Berolahraga

Melakukan olahraga dengan rutin dan teratur (kurang lebih 30 menit setiap hari) akan memberikan manfaat untuk memudahkan tidur, serta mendapatkan tidur yang lebih lelap. Berolahraga juga memberikan energi dan menjaga pikiran agar tetap jernih. Olahraga aerobik seperti berjalan, jogging, renang, bersepeda, naik tangga, skipping dan lainnya, merupakan beberapa pilihan yang relatif mudah untuk dikerjakan.

Tata ulang jadwal hidup sehari-hari

Sedikitnya waktu tidur berarti kita harus melihat sekaligus mengevaluasi kembali jadwal keseharian. Jika perlu, pindahkan aktivitas di malam hari untuk dikerjakan di siang hari, serta coba hilangkan aktivitas yang tidak penting dan tak bermanfaat. Tidur yang baik akan membantu kita untuk mengerjakan aktivitas yang lebih prioritas lainnya dengan lebih baik.

Konsultasi pada dokter

Jika masih memiliki masalah mengantuk disiang hari terus menerus dan susah dikendalikan (walaupun sudah tidur dengan cukup), bisa jadi terdapat masalah kesehatan (sleep disorders), seperti  narcolepsy atau sleep apnea-masalah pernafasan yang muncul ketika tidur, adanya depresi, trauma, was-was atau gelisah. Hal ini sebaiknya segera dikonsultasikan pada dokter terkait, untuk didiagnosa dan ditangani lebih lanjut.

Semoga kita senantiasa sehat, dan semakin produktif dalam bekerja.

Sumber: Webmd.com dan Lifehacker.com.in

(Manhajuna/IAN)

Beri Komentar (via FB)

http://bursanurulfikri.com/

Lihat Juga:

Untuk Hari Depan

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *