Hijri Calendar by Alhabib
Beranda / Muslimah / Tips Cerdas dan Andalan Bagi Muslimah di Dapur
>> Sponsorship/Donasi Website Manhajuna <<

Tips Cerdas dan Andalan Bagi Muslimah di Dapur

Dalam urusan ‘perdapuran’ terkadang muslimah mengalami beberapa kendala teknis yang sebenarnya bisa diatasi dengan cara cerdas dan mungkin dapat diandalkan. Semisal bagaimana memasak lidah sapi agar empuk, menghilangkan lemak kaldu, bagaimana menyimpan daging di kulkas dengan benar, menghilangkan bau prengus pada daging kambing dan lain sebagainya. Berikut beberapa tips yang mudah-mudahan bermanfaat bagi muslimah di dapur.

1- Membuat lidah sapi empuk

Memasak lidah sapi hingga empuk jika menggunakan cara biasa akan memakan waktu yang lama. Agar menghemat waktu, kita bisa menempuh cara berikut:

  1. Cuci lidah sapi hingga bersih
  2. Rendam lidah sebelum diolah dalam parutan nanas selama 30 menit
  3. Masukkan lidah dalam air mendidih, lalu rebuslah. Lidah in syaa Allah akan empuk dalam 25 menit

2- Menghilangkan lemak kaldu

Kaldu buatan sendiri memang lebih sehat, berasa dan beraroma. Tetapi kendalanya adalah ketika kaldu yang kita buat berlemak. Cara menghilangkan lemak kaldu adalah dengan meletakkan kaldu di dalam kulkas. Setelah agak lama, lemak akan mengambang dan kita dapat memisahkan lemak-lemak tersebut dari air kaldu sehingga lemak menjadi bebas dari air kaldu.

3- Menghilangkan bau prengus dari daging kambing

Kebanyakan daging kambing berbau prengus. Untuk menghilangkan bau ini, kita jangan mencuci daging kambing dengan air. Hal ini akan membuat daging kambing menjadi semakin prengus. Cara menatasinya adalah dengan melumurinya daging kambing dengan air jeruk nipis dan diamkan beberapa saat sebelum dimasak.

4-Menghilangkan amis pada daging bebek

Daging bebek akan semakin lezat jika bau amisnya telah hilang. Untuk menghilangkan amis pada daging bebek, rebuslah daging bebek dengan ditambahi jahe, rempah-rempah dan daun jeruk.

5-  Memanggang daging agar lebih lezat

Daging panggang memang lezat, tetapi jika kita tidak pandai memanggangnya maka aroma daging tidak sedap bahkan berbau sangit. Untuk membuat daging beraroma lezat, kita bisa menggunakan aluminium foil. Caranya, siapkan cincangan bawang putih, bawang bombai, dan lada lalu bungkuslah dengan aluminium foil. Letakkan bungkusan tersebut pada besi pemanggang dekat daging. Atau, kita bisa menabur rempah-rempah pada arang. Rempah yang terbakar ini akan menghasilkan daging panggang beraroma dan lezat.

6-Merebus kembang kol

Kembang kol memiliki sifat mudah matang dan lembek jika kita tidak pandai merebusnya. Oleh karena itu didihkan air dalam panci terlebih dahulu, kemudian masukkan kembang kol, lalu tambahkan minyak goreng dan garam masing-masing 1 sendok makan. Biarkan kembang kol terendam dalam air mendidih selama 3 menit. Selanjutnya angkat dan segera bilas dengan air matang yang dingin, kemudian tiriskan. Hasilnya kembang kol rebus akan terasa renyah dan tidak lembek.

Demikianlah beberapa tips seputar dapur. Semoga bermanfaat.

Sumber: Dikutip dari buku, Kumpulan Tips Mudah dan Praktis untuk Aktifitas Ibu Rumah Tangga karangan Ulfah Nurhidayah, terbitan Buku Biru, tahun 2010

(Manhajuna/FM)

(Visited 46 times, 2 visits today)

Beri Komentar (via FB)

http://bursanurulfikri.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *