Hijri Calendar by Alhabib
Beranda / Kajian / Hadist / Menjaga Diri dari Penyakit dan Gangguan
>> Sponsorship/Donasi Website Manhajuna <<

Menjaga Diri dari Penyakit dan Gangguan

Oleh: Ahmad bin Ali bin Sanad
Alih bahasa : Maksudi Nawawi, Lc

Tidaklah Rasulullah SAW. meninggalkan sesuatu yang baik dan bermanfaat di dunia dan akherat dalam setiap sisi kehidupan kecuali beliau menyeru kita agar komitmen melaksanakannya. Dan tidak ada sesuatu yang buruk kecuali beliau menyeru kita agar melakukan tindakan prefentif sebelum terjerumus di dalamnya. Atau memiliki cara yang tepat untuk mengobati penyakit tersebut setelah menimpa kita …

Di antaranya adalah hadits Rasulullah saw. yang berisi doa perlindungan dari 20 jenis penyakit dan gangguan. Sehingga Rasulullah saw. pun memohon kepada Allah Ta’ala penjagaan dari berbagai jenis penyakit itu.

Dalam munajat perlindungan itu saya menemukan 4 jenis penyakit mental, 5 jenis pada jaringan tubuh , 7 penyakit fisik, 2 penyakit iman, satu pada gangguan prilaku dan satu lagi problem finansial.

Dalam hati saya bertanya: “Bila saja setiap muslim dan muslimah bersungguh-sungguh mengulang-ulang do’a ini – dan lagi doa-doa lainnya – pada setiap siang dan malam hari, apakah mereka tertimpa penyakit, musibah dan wabah tersebut?

Maka saya yakin dengan pasti disertai usaha melaksanakan sebab-sebab yang telah disyariatkan bahwa jawabannya adalah: tidak !
Dalil kepastian itu adalah sabda Rasulullah SAW :

“ولا يُرَدُّ القدَرُ إلَّا بالدُّعاءِ” صحيح ابن حبان

Dan tidaklah takdir itu bisa diubah kecuali dengan doa.” diriwatkan oleh Ibnu Hibban dalam Kitab Shahihnya

Hanya saja banyak diantara manusia yang tidak mengetahui doa-doa Nabi ini, dan lalai menggunakannya sebagai senjata iman, sehingga berbagai jenis gangguan, penyakit, cobaan, kegundahan, kesedihan, musibah, dan masalah meliputi mereka dari berbagai sisi.

Dan do’a yang agung itu adalah :

“اللَّهمَّ إنِّي أعوذُ بِك منَ العَجزِ والكسَلِ والبخلِ والهرَمِ والقسوةِ والغفلةِ والذِّلَّةِ والمسكَنةِ..وأعوذُ بِك منَ الفقرِ والكفرِ والشِّركِ والنِّفاقِ والسُّمعةِ والرِّياءِ..وأعوذُ بِك منَ الصَّممِ والبُكْمِ والجنونِ والبَرَصِ والجذامِ وسيِّئِ الأسقامِ” . رواه البخاري ومسلم

Ya Allah …sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa lemah dan malas, dari kebakhilan dan kerentaan, dari kerasnya hati dan lalai dan dari kehinaan dan kemiskinan … dan aku berlindung kepada-Mu dari kefakiran dan kekufuran, dari kesyirikan dan kemunafikan, dari gila pamor dan riya’… dan aku berlindung kepada-Mu dari ketulian dan bisu, dari penyakit gila, penyakit kulit, penyakit kusta dan penyaki-penyakit yang akut.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Subhanallah! Satu do’a yang Anda munajatkan menjadi penjagaan bagimu dari ALLAH Ta’ala. Mulai dari penyakit fisik hingga penyakit jiwa. Tentunya jika Anda diucapkan dengan penuh keimanan dan keyakinan yang tulus. Bahkan penyakit-penyakit yang sulit disembuhkan sekalipun. Seperti kanker, hipertensi, diabetes, asma dan lainnya ( semoga Allah menjaga kalian dari semuanya ) Maka dengan do’a ini Allah akan melindungi kalian dari penyakit-penyakit yang sudah termuat dalam lafadz ( سيئ الأسقام).

Seseorang pernah berkata: “Demi Allah sungguh kehidupan saya telah berubah ketika saya membaca do’a ini secara rutin. Sungguh saya benar-benar menemukan pada diri saya kekuatan jiwa, kesehatan jasmani, tambahan keimanan, kelapangan rizki… dan lainnya”

Dan saya yakin bahwa doa-doa dan dzikir-dzikir penjagaan dan perlindungan yang datang dari Nabi SAW. mengandung kebaikan dan keberkahan untuk kita, bila saja kita mau membacanya dan mempercayainya dengan penuh keyakinan. Tidak diragukan lagi ada pengaruh kekuatan pada semua sisi kehidupan kita. Sebagaimana halnya percayanya kita terhadap kuatnya pengaruh obat-obatan medis.

Oleh karena itu pelihara dan rutinkan baca do’a-do’a dan dzikir Nabi SAW. tesebut pada pagi dan sore hari. Niscaya kalian akan rasakan kebahagian di dunia dan akherat. Ingatkan pula orang lain agar mereka mengamalkannya, niscaya kalian peroleh pahala dari doa-doa mereka!

(Manhajuna/IAN)

(Visited 88 times, 1 visits today)

Beri Komentar (via FB)

http://bursanurulfikri.com/

Lihat Juga:

Keutamaan Dan Amalan Hari-Hari Tasyriq

Oleh: Ustadz Ahmad Mudzoffar Jufri, MA Manhajuna.com – Tasyriq adalah nama atau sebutan bagi tiga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *