Hijri Calendar by Alhabib
Beranda / Kajian / Hukum Bersholawat Kepada Rosululloh SAW dengan Lafadz yang Bukan dari Hadist Rosul SAW
>> Sponsorship/Donasi Website Manhajuna <<

Hukum Bersholawat Kepada Rosululloh SAW dengan Lafadz yang Bukan dari Hadist Rosul SAW

Oleh: Ustadz Muhammad Nur Khozin Lc., M.H.I

Seluruh ulama sepakat bahwa membaca solawat, dianjurkan, Alloh SWT berfirman :

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِيِّۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ صَلُّواْ عَلَيۡهِ وَسَلِّمُواْ تَسۡلِيمًا

Artinya:”Sesungguhnya Alloh dan para malaikat bersolawat kepada Nabi, hai orang orang beriman bersholawatlah kalian dan dan bersalamlah kepadanya.” (QS Al Ahzab : 56)

Kami tidak akan membahas tentang keutamaan solawat kepada Rosululloh SAW, yang kami bahas adalah boleh atau tidaknya bersholawat dengan lafadz-lafadz yang tidak berasal dari Rosululloh SAW.

Untuk sholawat dalam solat seluruh ulama mengutamakan membaca sholawat Ibrohimiyyah yang sudah sangat masyhur kita baca dalam sholat, sebab Rosululloh SAW mengajarkan sahabat sholawat tersebut untuk sholat.

Adapun lafadz sholawat di luar sholat dibolehkan dengan lafadz selain yang diajarkan Rosululoh SAW selama maknanya sholawat tersebut benar dan tidak bertentangan dengan tujuan sholawat, yang menjadi dasar hal ini adalah:

Pertama: Atsar-atsar para sahabat Rosululloh SAW  yang menunjukan mereka bersholawat dengan lafadz mereka sendiri dan tidak diajarkan Rosul SAW, di antaranya:

  1. Sholawat Ibnu Mas’ud r.a yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Ad-Daru Quthni dll :

عَنْ عَوْنِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، عَنْ أَبِي فَاخِتَةَ، عَنْ الْأَسْوَدِ بْنِ يَزِيدَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ: “إِذَا صَلَّيْتُمْ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – فَأَحْسِنُوا الصَّلَاةَ عَلَيْهِ؛ فَإِنَّكُمْ لَا تَدْرُونَ لَعَلَّ ذَلِكَ يُعْرَضُ عَلَيْهِ. قَالَ: فَقَالُوا لَهُ: فَعَلِّمْنَا. قَالَ: قُولُوا: اللَّهُمَّ اجْعَلْ صَلَواتِكَ وَرَحْمَتَكَ وَبَرَكَاتِكَ عَلَى سَيِّدِ الْمُرْسَلِينَ وَإِمَامِ الْمُتَّقِينَ وَخَاتَمِ النَّبِيِّينَ، مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُولِكَ إِمَامِ الْخَيْرِ، وَقَائِدِ الْخَيْرِ، وَرَسُولِ الرَّحْمَةِ، اللَّهُمَّ ابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا يَغْبِطُهُ بِهِ الْأَوَّلُونَ وَالْآخِرُونَ، اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وآلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وآلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

(ابن ماجه906قال الأرنؤوط صحيح (2/72)طبراني 8594،الدعوات الكبير للبيهقي 177، وصححه في شعب الإيمان 1453،صححه البوصيري،حسن ابن حجر في نتائج الأفكار (4/42) وشارح ابن ماجه.

Artinya : dari Al Aswad bin Yazid dari Abdulloh bin Mas’ud r.a, beliau berkata : “Jika kalian bersholawat pada Rosululloh SAW maka perbaguslah solawat kalian, karena kalian tidak tahu bisa jadi sholawat itu disampaikan pada beliau oleh para malaikat”, murid-murid Ibnu Mas’ud bertanya : “Ajarilah kami bersholawat”, beliau berkata : “bacalah :

اللَّهُمَّ اجْعَلْ صَلَواتِكَ وَرَحْمَتَكَ وَبَرَكَاتِكَ عَلَى سَيِّدِ الْمُرْسَلِينَ وَإِمَامِ الْمُتَّقِينَ وَخَاتَمِ النَّبِيِّينَ، مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُولِكَ إِمَامِ الْخَيْرِ، وَقَائِدِ الْخَيْرِ، وَرَسُولِ الرَّحْمَةِ، اللَّهُمَّ ابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا يَغْبِطُهُ بِهِ الْأَوَّلُونَ وَالْآخِرُونَ، اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وآلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وآلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ.

(HR. Ibnu Majah nomer 906, At-Thabrani nomor  8594, Al-Baihaqi dalam kitab Ad-Da’awat Al-Kubro nomer 177, juga dalam Syu’abul Iman nomer 1453, hadist ini disohihkan oleh Imam Al-Baihaqi, Al-Bushoiri, Ibnu Hajar dalam Nataijul afkar(4/42) juga oleh Syu’aib Arna’uth dalam Tahqiq Ibnu Majah).

Dalam sholawat yang diajarkan oleh Ibnu Mas’ud ini separuh awalnya berasal dari beliau sendiri dan bukan diajarkan oleh Rosululloh SAW.

  1. Atsar dari Ali r.a yang diriwayatkan oleh Imam At-Thabrani, diceritakan pada kami oleh Salamah Al-Kindi sesunggunya Ali r.a mengajari manusia doa yang berbunyi:

اللَّهُمَّ دَاحِيَ المدْحُوَّات، وَبَارِئَ الْمَسْمُوكَاتِ، وَجَبَّار الْقُلُوبِ عَلَى فطْرَتها شَقِيِّهَا وَسَعِيدِهَا. اجْعَلْ شَرَائِفَ صَلَوَاتِكَ، وَنَوَامِيَ بَرَكَاتِكَ، وَرَأْفَةَ تَحَنُّنِكَ، عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُولِكَ، الْخَاتَمِ لِمَا سَبَقَ، وَالْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ، وَالْمُعْلِنِ الْحَقَّ بِالْحَقِّ، وَالدَّامِغِ جِيشَاتِ الْأَبَاطِيلِ، كَمَا حُمِّل فَاضْطَلَعَ بِأَمْرِكَ لِطَاعَتِكَ، مُسْتَوْفِزًا فِي مَرْضَاتِكَ، غَيْرَ نَكل فِي قَدَم، وَلَا وَهِنٍ فِي عَزْمٍ، وَاعِيًا لِوَحْيِكَ، حَافِظًا لِعَهْدِكَ، مَاضِيًا عَلَى نَفَاذِ أَمْرِكَ، حَتَّى أَوْرَى قَبَسًا لِقَابِسٍ، آلَاءُ اللَّهِ تَصِلُ بِأَهْلِهِ أَسْبَابُهُ، بِهِ هُدِيَتِ الْقُلُوبُ بَعْدَ خَوْضَاتِ الْفِتَنِ وَالْإِثْمِ،وَأَقَامَ مُوضحات الْأَعْلَامِ، ومُنِيرات الْإِسْلَامِ وَنَائِرَاتِ الْأَحْكَامِ، فَهُوَ أَمِينُكَ الْمَأْمُونُ، وَخَازِنُ عِلْمِكَ الْمَخْزُونُ، وَشَهِيدُكَ يَوْمَ الدِّينِ، وبَعيثُك نِعْمَةً، وَرَسُولُكَ بِالْحَقِّ رَحْمَةً. اللَّهُمَّ افْسَحْ لَهُ مُفسحَات فِي عَدْلِكَ، وَاجْزِهِ مُضَاعَفَاتِ الْخَيْرِ مِنْ فَضْلِكَ. مهنَّآت لَهُ غَيْرُ مُكَدَّرَاتٍ، مِنْ فَوْزِ ثَوَابِكَ الْمَعْلُولِ، وَجَزِيلِ عَطَائِكِ الْمَجْمُولِ. اللَّهُمَّ، أعل على بناء البانين بُنْيَانَهُ  وَأَكْرِمْ مَثْوَاهُ لَدَيْكَ وَنُزُلَهُ. وَأَتْمِمْ  لَهُ نُورَهُ، وَاجْزِهِ مِنَ ابْتِعَاثِكَ لَهُ مَقْبُولَ الشَّهَادَةِ، مَرْضِيُّ الْمُقَالَةِ، ذَا مَنْطِقٍ عَدْلٍ، وخُطَّة فَصْلٍ، وَحُجَّةٍ وَبُرْهَانٍ عَظِيمٍ  .

(قال المزي غير محفوظ ،وقال ابن كثير: صحيح)رواه الطبراني رقم 9089.وصححه وملا علي القاري، قال الهيثمي : رَوَاهُ الطَّبَرَانِيُّ فِي الْأَوْسَطِ، وَسَلَامَةُ الْكِنْدِيُّ، رِوَايَتُهُ عَنْ عَلِيٍّ مُرْسَلَةٌ، وَبَقِيَّةُ رِجَالِهِ رِجَالُ الصَّحِيحِ(المجمع 10/164).

(H.R riwayat At-Thabrani nomer 9089, Kanzul Ummal nomer 3989, Al-Mizzi mengatakan hadist ini lemah, Salamah Al-Kindi majhul, Namun Ibnu Katsir tidak satuju dengan penilaian Al-Mizzi, Al-Hafidz Al-Haitsami mengatakan : seluruh perawinya tsiqoh kecuali Salamah Al-Kindi sebab riwayatnya dari Ali mursal, pensyarah kitab Asy-Syifa).

Kalaupu hadist ini adalah mursal maka bagian dari perkataan tabi’in yang menjadi penguat atsar Ibnu Mas’ud di atas.

Dalam doa ini Ali r.a mengajarkan sholawat yang belum pernah diajarkan oleh Rosululloh SAW, yaitu di bagian awal doa, dan dua atsar ini cukup menjadi bukti bahwa diperbolehkan bersholawat dengan yang selain diajarkan selama makna yang terkandung shohih.

Kedua, riwayat dan contoh dari para salaf sholih, diantaranya Imam Syafi’i yang bersolawat dengan lafadz beliau sendiri, sebagaimana tertulis dalam kitab Ar-Risalah hal.5 :

فصلى الله على نبينا كلما ذكره الذاكرون، وَغَفَل عن ذكره الغافلون، وصلى عليه في الأولين والآخرين، أفضلَ وأكثرَ وأزكى ما صلى على أحد من خلقه. وزكانا وإياكم بالصلاة عليه أفضل ما زكى أحداً من أمته بصلاته عليه، والسلام عليه ورحمة الله وبركاته، وجزاه الله عنا أفضل ما جزى مرسلاً عن من أُرسل إليه؛ فإنه أنقذنا به من الهلكة، وجعلنا في خير أمة أخرجت للناس، دائنين بدينه الذي ارتضى، واصطفى به ملائكته ومن أنعم عليه من خلقه. فلم تُمس بنا نعمة ظهرت ولا بَطَنَت، نلنا بها حظاً في دين ودنيا أو دُفِعَ بها عنا مكروه فيهما، وفي واحد منهما: إلا ومحمد صلى الله عليه سببها، القائدُ إلى خيرها، والهادي إلى رشدها، الذائدُ عن الهلكة وموارد السَّوء في خلاف الرشد، المنبِّهُ للأسباب التي تورد الهلكة، القائمُ بالنصيحة في الإرشاد والإنذار فيها. فصلى الله على محمد وعلى آل محمد كما صلى على إبراهيم وآل إبراهيم إنه حميد.

Sholawat yang beliau tulis ini juga bukan dari yang diajarkan Rosululloh SAW, melainkan hasil dari ijtihad beliau sendiri dan kemudian disepakati oleh ulama Syafi’iyah setelahnya.

Ketiga : praktek amaliyah turun temurun dari seluruh ulama dari generasi dahulu hingga sekarang yang bersholawat saat memulai khutbah dengan sholawat yang tidak diajarkan Rosul SAW namun maknanya shohih seperti:

الحمد لله رب العالمين،والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين،قائد المجاهدين وإمام المتقين…….

الحمد لله كفى والصلاة والسلام على سيدنا المصطفى وعلى آله وأصحابه ومن بأثره اكتفى..

Dan sholawat-sholawat lain yang sering kita dengar dan baca dari para ulama.

Dan kita simpulkan bahwa bersholawat pada Rosululloh SAW diperbolehkan meskipun memakai sholawat yang tidak diajarakan oleh Beliau, selama maknanya shohih. Wallohu A’lam.

(Manhajuna/IAN)

Ustadz Muhammad Nur Khozin, Lc., M.H.I

Ustadz Muhammad Nur Khozin, Lc., M.H.I merupakan Mahasiswa Pasca Sarjana Fakultas Syari’ah Universitas Muhammad Imam Ibnu Saud, Riyadh. Saat ini beliau juga menjabat sebagai ketua Forum Majelis Taklim Riyadh (FORMATRA).
(Visited 275 times, 1 visits today)

Beri Komentar (via FB)

http://bursanurulfikri.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *