Hijri Calendar by Alhabib
Beranda / Hikmah / Kebutuhan Pokok Cinta
>> Sponsorship/Donasi Website Manhajuna <<

Kebutuhan Pokok Cinta

Kebutuhan perasaan laki-laki dan perempuan banyak sekali dan sangat komplek. Antara satu orang dengan lain-nya hampir selalu berbeda. Namun demikian masing-masing memiliki kebutuhan pokok, yang secara garis besar dapat disimpulkan bahwa kebutuhan tersebut adalah kebutuhan pokok cinta. Bisa kita katakan, setiap laki-laki dan perempuan memiliki enam kebutuhan yang khusus untuk cinta. Kedudukan serta nilai penting kebutuhan tersebut semuanya sama.

Kebutuhan pokok laki-laki adalah kepercayaan, penerimaan, penghargaan, kekaguman, persetujuan, dan terakhir dorongan.

Sedan kebutuhan pokok perempuan adalah, penjagaan dan perhatian, pemahaman, penghormatan, pengorbanan, pengakuan dan pengukuhan, dan terakhir adalah pengembalian keyakinan dan kepercayaan.

Tugas mengetahui kebutuhan cinta pada setiap laki-laki maupun perempuan dipandang sebagai tugas yang berat dan sulit mewujudkannya. Tetapi kesulitan tersebut akan hilang setelah kita mengetahui macam-macam jenis cinta pada laki-laki dan perempuan. Untuk tujuan tersebut berikut ini kami sebutkan daftar atau katalog yang menjelaskan kebutuhan-kebutuhan tersebut. Dengan melihat daftar tersebut kita dengan mudah bisa mengetahui apa yang menyebabkan pasangan merasa tidak nyaman ketika kita melakukan suatu perbuatan padahal perbuatan tersebut bertujuan untuk membantu membebaskannya dari keadaan jiwa yang terpuruk serta mengembalikannya pada keadaan wajar. Selain itu, daftar katalog ini akan menjelaskan kepada kita bagaaimana cara yang benar, yang bisa kita laksanakan untuk meningkatkan hubungan dengan pasangan kita dan menghindari pemahaman yang buruk pada kehendak dan maksud baik dari pasangan kita.

Yang dibutuhkan laki-laki adalah:

1- Kepercayaan padanya

2- Menerima dia apa adanya

3- Menghargai yang dilakukan

4- Mengaguminya

5- Menyetujui pekerjaannya/perbuatannya

6- Mendorongnya

Yang dibutuhkan perempuan adalah:

1- Penjagaan dan perhatian

2- Pemahaman

3- Penghormatan

4- Pengorbanan hidup laki-laki khusus untuk dirinya

5- Memberikan yang berhak ia terima

6- Penguatan cinta laki-laki padanya secara terus menerus

Laki-laki dan perempuan masing-masing pasti membutuhkan macam-macam cinta yang telah disebutkan di atas. Mengenai enam macam cinta pada perempuan bukan berarti bahwa laki-laki tidak membutuhkan hal tersebut sama sekali. Laki-laki juga membutuhkan penjagaan, perhatian, pemahaman, penghormatan, pengorbanan hidup dari perempuan untuknya, penguatan dan peyakinan cinta dan perasaan perempuan kepadanya secara berulang-ulang. Begitu juga sebaliknya, perempuan juga membutuhkan macam-macam kebutuhan cinta yang disebutkan untuk laki-laki.

Yang dimaksud dengan “kebutuhan pokok cinta” adalah tuntutan kebutuhkan pokok yang harus dipenuhi terlebih dulu, sebelum macam-macam cinta yang lain bisa diterima dan dihargai oleh seseorang. Tanpa terpenuhinya enam kebutuhan cinta yang pokok tersebut, baik pada laki-laki maupun perempuan, berarti ia tidak bisa sampai puncak keharmonisan hubungan.

Sumber: Dikutip dan disarikan dari Buku Psikologi Suami Istri, karya DR. Thariq Kamal An-Nu’aini, terjemahan Muh. Muhaimin, M.Ag., penerbit Mitra Pustaka.

(Manhajuna/IAN)

(Visited 156 times, 1 visits today)

Beri Komentar (via FB)

http://bursanurulfikri.com/

Lihat Juga:

Jalan Menuju Surga

عَنْ أَبِي عَبْدِ اللهِ؛ جَابِرْ بْنِ عَبْدِ اللهِ الأَنْصَارِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا: أَنَّ رَجُلاً سَأَلَ …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *