Hijri Calendar by Alhabib
Beranda / Kolom / Hormati dan Support Dai dan Aktifis Dakwah yang Menjadi Caleg
>> Sponsorship/Donasi Website Manhajuna <<

Hormati dan Support Dai dan Aktifis Dakwah yang Menjadi Caleg

Melihat foto teman-teman dai dan aktifis dakwah yang terpampang sebagai caleg, yang segera muncul di hati saya adalah perasaan salut dan hormat.

Terjun di dunia politik, jika semata untuk meraih jabatan atau memperjuangkan berbagai kepentingan adalah perkara lumrah. Tapi terjun di dunia politik dengan semangat dan visi dakwah, bukanlah perkara sederhana. Sepintas visi dakwah dan politik sering bersebarangan. Dakwah menyerukan untuk mencari ridha Allah, politik sering mengarahkan kita untuk mencari ridha manusia. Dakwah sering mengingatkan kita dari bahaya kekuasaan, politik malah mendorong kita untuk meraihnya, dakwah sering mengingatkan kita agar hati-hati dari pamer dan menonjolkan diri, sedang politik justeru menuntut agar kita tampil dan terlihat, dst. Belum lagi, hingga kini sebagian masyarakat, bahkan masyarakat muslim, masih melihat dunia politik dengan pandangan ‘benci tapi rindu’. Benci perbincangan dan gerakan politik, tapi ingin agar dunia politik dan kekuasaan dipegang oleh orang-orang baik.

Dari sinilah penghormatan saya kepada para aktifis dan dai yang menjadi caleg itu muncul. Disaat banyak pihak yang menarik diri dari dari panggung politik dengan berbagai macam alibi dan alasan, mereka justeru tampil menghadapi arus. Seakan mereka ingin mengatakan, mencari ridha Allah tidak harus dibenturkan dengan ridha manusia, keduanya dapat saling beriringan bahkan menguatkan, sebagaimana mengejar jabatan tidak selalu identik dengan haus kekuasaan, tapi bagaimana dapat memberikan kemanfaatan sebesar-besarnya dengan wewenang yang dimilikinya.

Hari-hari ini tentu menjadi hari-hari yang berat buat mereka, bukan saja secara fisik dan materi, tapi juga secara psikis dan sosial. Karenanya, mereka adalah orang-orang yang sangat layak disupport dan didoakan semoga berhasil dalam perjuangannya. Jangan sampai prasangka dan asumsi negatif kita terhadap mereka mendahului rasa hormat yang seharusnya diberikan kepada mereka. Sadar atau tidak, aspirasi kita sebagai masyarakat umumnya dan sebagai muslim khususnya, sesungguhnya sedang mereka usahakan dengan tampilnya mereka sebagai CAD di daerahnya masing-masing.

Salam hormat saya buat teman dan rekan-rekan yang menjadi caleg. Ikhlashkan hati, patutkan diri, insyaAllah setiap langkah dan usaha tidak ada yang sia-sia di sisi Allah.

(Manhajuna/IAN)

Ust. Abdullah Haidir, Lc.

Pembina at Manhajuna.com
Alumni Syariah LIPIA ini adalah pengasuh utama manhajuna.com. Setelah 15 tahun menjadi Penerjemah dan Penyuluh Agama (Da'i) di Kantor Jaliyat Sulay, Riyadh, beliau memutuskan pulang mengabdikan diri di tanah air. Kini selain tetap aktif menulis dan ceramah di berbagai kesempatan, ustadz humoris asal Depok ini juga tergabung dalam mengelola Sharia Cunsulting Center.
(Visited 202 times, 1 visits today)

Beri Komentar (via FB)

http://bursanurulfikri.com/

Lihat Juga:

Sukses Umroh Doanya Terkabul 100%

Kajian Kisah Sholihin MASIH terasa segar kisah fakta yang terjadi lebih dua dasawarsa berlalu, persisnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *