Hijri Calendar by Alhabib
Beranda / Kabar / Arab Saudi Mendominasi Peringkat Universitas Terbaik di Kawasan Arab
>> Sponsorship/Donasi Website Manhajuna <<

Arab Saudi Mendominasi Peringkat Universitas Terbaik di Kawasan Arab

Manhajuna.com – Arab Saudi memiliki 3 universitas pada lima besar universitas terbaik di wilayah Arab (Liga Arab), menurut sebuah survei yang dilakukan oleh surat kabar terkemuka Inggris.

Berdasarkan peringkat Times Higher Education dari 15 universitas terbaik, King Abdulaziz University (KAU) berada di tempat pertama, King Fahd University of Petroleum Minerals (KFUPM) dan King Saud University (KSU) masing-masing di urutan ketiga dan keempat.

Mesir juga memiliki tiga perguruan tinggi di 15 besar, Universitas Terusan Suez, Alexandria dan Kairo masing-masing menduduki peringkat 10, 11 dan 12. Keseluruhan terdapat delapan negara mewakili 15 besar, selain Arab Saudi dan Mesir, ada Lebanon, Uni Emirat Arab, Qatar, Oman, Yordania dan Maroko.

Peringkat telah dirilis menjelang Times Higher Education Middle East and North Africa Summit yang akan diselenggarakan pada tanggal 2-4 Februari 2016. Pada summit nanti akan terdapat ahli yang berbicara tentang topik seperti kerjasama internasional dan peran pemerintahan di universitas di wilayah Arab.

Peringkat ini diambil dari data yang digunakan untuk mengkompilasi Peringkat Universitas Dunia 2015/16. Ini dihitung menggunakan 13 indikator kinerja yang sama seperti dalam metodologi peringkat keseluruhan, tetapi hanya universitas di 22 negara anggota Liga Arab yang memenuhi syarat untuk dimasukkan.

Phil Baty, editor pemeringkatan universitas Times Higher Education, mengatakan: “15 peringkat ini akan memberi kita wawasan yang menarik terkait universitas terkuat di wilayah Arab, tapi itu hanya snapshot untuk merangsang diskusi lebih luas tentang metrik yang paling tepat untuk pemeringkatan universitas di kawasan itu.

“Kami sedang berkonsultasi dengan sektor formal, peringkat dipesan lebih dahulu untuk daerah, menggunakan metrik yang disesuaikan dengan prioritas daerah dan misi universitas. Ini akan menjadi salah satu topik utama diskusi di MENA Universitas Summit di Uni Emirat Arab pekan depan,” katanya.

Indikator yang digunakan dalam Pemeringkatan Universitas Dunia adalah:
1- Pendapatan Industri dari inovasi,
2- Pendapatan penelitian dari industri dan staf akademik
3- Pengajaran dan lingkungan belajar,
4- Survei reputasi dalam mengajar,
5- Rasio staf siswa.
6- Jumlah PhD dan gelar sarjana yang dihasilan,
7- Jumlah PhD untuk staf akademik,
8- Pendapatan institusi dari staf akademik,
9- Kutipan dan pengaruh penelitian,
10- Dampak kutipan dalam hal rataan yang dinormalisasi per makalah (paper),
11- Volume penelitian dari segi volume,
12- Pendapatan penelitian,
13- Reputasi penelitian.

Berikut daftar 15 universitas terbaik di wilayah Liga Arab:

top universitasl liga arab

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: Arabnews

(Manhajuna/GAA/IAN)

Beri Komentar (via FB)

http://bursanurulfikri.com/

Lihat Juga:

Buruan, Pendaftaran Mahasiswa Baru LIPIA 2016 (Cabang Medan, Surabaya dan Makasar)

Manhajuna.com – Alhamdulillah telah dibuka pendaftaran mahasiswa baru (Khusus ikhwan saja) jenjang I’dad lughowi untuk tahun akademik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *