Hijri Calendar by Alhabib
Beranda / Konsultasi / Bangun Subuh Kesiangan
>> Sponsorship/Donasi Website Manhajuna <<

Bangun Subuh Kesiangan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Saya mau tanya. Saya sering tidak terbangun untuk sholat subuh padahal sudah setting alarm di HP, tapi tetap tidak bisa bangun. Bahkan tanpa sadar  mematikan alarm dan ketika terbangun sudah jam 7 atau 8 pagi. Saya juga selalu berdo’a dan membaca Ayat Kursi sebelum tidur. Kira-kira apa yang terjadi dengan saya dan bagaimana solusinya? Terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr wb.

Jawaban:
Assalamu alaikum wr. wb.

Alhamdulillahi Rabbil alamin Wash-shalatu wassalami ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbih. Amma ba’du:
Jika seseorang tertidur lalu baru bangun setelah waktu shalat berakhir, maka ia harus segera mengerjakannya di saat bangun dari tidurnya. Rasul saw bersabda, “Siapa yang terlupa atau tertidur sehingga tidak mengerjakan shalat, maka kaffarahnya adalah mengerjakan shalat tersebut di saat ingat (atau bangun).” HR Muslim.

Hanya saja kondisi semacam ini tidak boleh dibiarkan, diremehkan, apalagi disengaja. Namun harus ada upaya agar kondisi semacam ini tidak terulang lagi. Apa yang sudah Anda lakukan dengan men-setting alarm dan berdoa sebelum tidur sudah benar. Akan tetapi kalau itu masih belum berhasil, maka harus disertai dengan usaha lain.

Misalnya tidur di awal malam (tidak begadang), tidur dalam kondisi tidak terlalu kenyang, tidak melakukan dosa dan maksiat di siang harinya, meminta bantuan isteri, anak, saudara, atau bahkan orang tua untuk membangunkan Anda. Selain itu perkuat tekad dan banyak berdoa agar Allah memberikan taufik kepada Anda sehingga bisa mengerjakan shalat subuh tepat pada waktunya secara berjamaah.

Wallahu a’lam.
Wassalamu alaikum wr.wb.

Sumber: http://www.syariahonline.com/v2/ibadah/2961-subuh-kesiangan.html

Beri Komentar (via FB)

http://bursanurulfikri.com/

Lihat Juga:

Bolehkah Wanita Memakai Celana Panjang

Assalamualaikum wr.wb pak ustadz, saya seorang muslimah dan kebetulan sudah berjilbab. masalah yang ingin tanyakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *