Hijri Calendar by Alhabib
Beranda / Kajian / Alquran / Kedudukan dan Tempat Diturunkannya Surat Al-Fatihah
>> Sponsorship/Donasi Website Manhajuna <<

Kedudukan dan Tempat Diturunkannya Surat Al-Fatihah

Kedudukan Surat Al-Fatihah

Surat Al-Fatihah memiliki kedudukan yang tinggi dalam ajaran Islam. Karena dia merupakan surat yang paling mulia dalam Al-Quran.

Dari Abu Sa’id bin Al-Mu’alla radhiallahu ‘anhu, dia berkata, “Rasulullah ﷺ bersabda, ‘Aku akan beritahukan kepadamu surat yang paling mulia dalam Al-Quran sebelum engkau keluar dari masjid,” kemudian beliau memegang kedua tanganku. Ketika hendak keluar dari masjid. Aku berkata, ‘Ya Rasulullah, tadi engkau katakan akan memberitahukan surat yang paling mulia dalam Al-Quran,’ Beliau bersabda, ‘Baik…. al-Hamdulillahirabbil ‘aalamiin, (surat Al-Fatihah) adalah As-Sab’ul Matsani dan surat yang paling mulia yang diberikan kepadaku.” (HR. Bukhari 4474)

Rasulullah ﷺ juga bersabda tentang surat Al-Fatihah,

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ، مَا أُنْزِلَتْ فِي التَّوْرَاةِ، وَلاَ فِي الإِنْجِيْلِ، وَلاَ فِي الزَّبُوْرِ وَلاَ فِي الْفُرْقَانِ مِثْلُهَا، إِنَّهَا سَبْعٌ مِنَ الْمَثَانِي وَاْلقُرْآنُ الْعَظِيْمُ الَّذِي أُعْطِيْتُهُ

[رواه الترمذي، صحيح الجامع، رقم 7079]

“Demi yang jiwaku ada di Tangannya, belum pernah diturunkan dalam Taurat, Injil, Zabur dan Al-Quran (surat) semacamnya, dialah As-Sab’un minal Matsani (Al-Fatihah) dan Al-Qur’an yang Agung yang diberikan kepadaku.” (HR Tirmidzi 2875, dishahihkan Al-Albany dalam Shahih Al-Jami no. 7079)

Kedudukan yang tinggi ini jelas memiliki makna yang sangat dalam. Sebab, jika dikatakan bahwa Al-Quran secara keseluruhannya adalah Kitab yang mulia, maka bagaimanakah halnya dengan surat yang dikatakan paling mulia di dalamnya? Hal ini pada gilirannya menuntut seorang muslim untuk menempatkan surat ini sesuai kedudukan yang telah Allah tetapkan kepadanya, baik dari segi bacaan, pemahaman hingga pada pengamalannya.

Tempat Diturunkannya Surat Al-Fatihah

Mengenai tempat diturunkannya, terdapat beberapa riwayat tentang hal ini. Namun pendapat yang lebih kuat menunjukkan bahwa surat ini diturunkan di kota Mekkah, sebelum Rasulullah ﷺ hijrah ke Madinah. Karenanya, surat ini disebut surat Makkiyah.

Sumber: Untaian Hikmah Dalam Tafsir Surat Al-Fatihah, oleh Abdullah Haidir, Lc, di murajaah Ummu Rumaisha.

(Manhajuna/IAN)

Beri Komentar (via FB)

http://bursanurulfikri.com/

Lihat Juga:

alfatihah

5 Nama Lain Surat Al-Fatihah

Di antara hal yang menunjukkan besarnya kedudukan surat Al-Fatihah adalah banyaknya nama yang diberikan kepada …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *