Hijri Calendar by Alhabib
Beranda / Konsultasi / Membawa Smartphone Beraplikasi Al Qur’an ke WC
>> Sponsorship/Donasi Website Manhajuna <<

Membawa Smartphone Beraplikasi Al Qur’an ke WC

Assalammualaikum Wr. Wb Bagaimana hukumnya membawa smartphone yang sudah terinstal aplikasi Alquran ke WC ?Terima kasih sebelumnya. Jazakumullah..

Jawaban:

Assalamu alaikum wr.wb Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbih ajma’in. Amma ba’du;

Pertama-tama menyimpan aplikasi Al Qur’an di dalam HP sama seperti menyimpannya dalam komputer, kaset, atau CD. Tidak ada larangan dalam hal tersebut. Bahkan ia sangat baik selama ditujukan untuk mendapatkan manfaat dan kemudahan dalam berinteraksi dengan Al Qur’an.

Kedua, membaca Al Qur’an dari aplikasi tersebut sama hukumnya dengan membaca pada mushaf. Yaitu harus dengan bacaan yang benar dan memerhatikan hukum-hukumnya. Adapun terkait dengan memegang dan menyentuhnya, maka boleh menyentuhnya meski dalam kondisi tidak berwudhu’.

Ketiga, pada saat aplikasi Al Qur’an tersebut dibuka sehingga tulisannya terlihat, hendaknya memerhatikan adab dan etika kepadanya. Ia tidak boleh dimasukkan ke tempat-tempat yang tidak layak apalagi kotor. Sehingga apabila ingin meletakkan di celana atau di bawa ke WC atau toilet, aplikasi tersebut harus ditutup atau dimatikan terlebih dahulu.

Keempat, sementara terkait dengan pahala membaca, tidak ada perbedaan antara membaca lewat aplikasi dan lewat mushaf secara langsung. Yang sangat menentukan kadar ganjaran Allah terhadap orang yang membaca Al Qur’an adalah keikhlasan, cara membaca, penghayatan, dan pengamalan terhadapnya. Wallahu a’lam.

Wassalamu alaikum wr.wb.

Pusat konsultasi syariah

(Visited 486 times, 1 visits today)

Beri Komentar (via FB)

http://bursanurulfikri.com/

Lihat Juga:

Keutamaan Sepuluh Hari Pertama Dzulhijah

Kemuliaan sepuluh hari pertama Dzulhijjah telah diabadikan dalam Al-Qur’an, Allah SWT. berfirman: “Demi fajar, Dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *