Hijri Calendar by Alhabib
Beranda / Kabar / Rangkuman Kabar Terbaru Arab Saudi dan Sekitar Edisi 7/1/2017
>> Sponsorship/Donasi Website Manhajuna <<

Rangkuman Kabar Terbaru Arab Saudi dan Sekitar Edisi 7/1/2017

Disarikan oleh: Ustadz Rijal Mahdi LC, MA

Quota Haji Bertambah tahun 1438H

Arab Saudi menyetujui penambahan qouta Haji tahun 1438H karena perluasan Mesjid Haram dan Masyair Haram akan selesai dalam waktu dekat. Berita gembira ini disampaikan oleh Menteri Haji Arab Saudi Dr. Muhammad Bin Shaleh Banten pada Kamis lalu.

Sumber: http://www.alriyadh.com/1560846

Iran Mencabut Pernyataan Tidak Akan Mengirimkan Jemaah Haji

Iran mencabut pernyataannya tentang tidak akan mengirimkan jemaah hajinya tahun ini. Bahram Al-Qasimi sebagai Juru Bicara Kementerian Luar Negeri mengungkapkan hal ini dalam jumpa pers yang disiarkan oleh media Irna Iran: “Baru saja saya menerima undangan haji dari pihak Arab Saudi, tentunya setelah menerima undangan ini dan disaat kondisi mendukung, kami akan mempelajari hal ini dan mengambil langkah yang jelas”. Sebelumnya Arab Saudi menyambut baik dengan senang hati semua jemaah haji tanpa melihat warganegara dan pandangan mazhab mereka.

Sumber: http://www.alhayat.com/Articles/19437564

Khutbah Jumat Mesjid Nabawi 08/05/1438H: “Iman, Fitnah dan Cobaan”

Khutbah Jumat di Mesjid Nabawi pada 08/05/1438H: Syeikh Abdullah Bin Abdurrahman Al-Bu`aijan menyampaikan khutbah dengan judul “Iman, Fitnah, Dan Cobaan”. Syeikh Abdullah menjelaskan bahwa cobaan adalah sunnatullah yang harus dilalui oleh manusia, pertarungan antara hak dan bathil akan terus berlanjut, bagaimana para nabi menjalani masa-masa sulit dalam berdakwah, dll. Diantara contoh cobaan yang telah dijalani Kaum Muslimin adalah ketika terjadinya Perang Badar dan Perang Ahzab. Pada saat-saat sulit seperti itu Rasulullah SAW selalu menyemangati para sahabatnya dengan kemenangan dan pertolongan Allah SWT.

Sumber: http://www.alharamain.gov.sa/index.cfm?do=cms.khutbah&hjyear=1438&hjmonth=04&hjday=08&placeid=2&browseby=khateebaudio

Khutbah Jumat Mesjid Al-Haram 08/05/1438H: “Semangat Yang Tinggi Dan Kedudukan Orang-Orang Terdahulu”

Khutbah Jumat di Mesjid Al-Haram pada 08/05/1438H: Syeikh Faishal Bin Jamil Ghazawi menyampaikan khutbahnya dengan judul “Semangat Yang Tinggi Dan Kedudukan Orang-Orang Terdahulu”. Seorang mukmin harus memiliki semangat yang tinggi untuk merealisasikan target dan capain-capainnya. Syeikh Faishal bercerita tentang salafusaleh dikalangan sahabat dan pujian Allah SWT kepada mereka. Dan diakhir khutbahnya, Syeikh Faishal mendorong Kaum Muslimin untuk mencontoh akhlak para sahabat untuk mencapai kedudukan yang tinggi disisi Allah SWT.

Sumber:http://www.alharamain.gov.sa/index.cfm?do=cms.khutbah&hjyear=1438&hjmonth=04&hjday=08&placeid=1&browseby=khateebaudio

Fakultas Mesjid Al-Haram Menerima Mahasiswa Baru

Fakultas Mesjid Al-Haram menerima 500 orang mahasiswa dalam ujian tes masuk bagi mahasiswa yang ingin menimba ilmu di Mesjid Al-Haram. Penerimaan mahasiswa yang belajar di Mesjid Al-Haram sesuai dengan titah Pelayan Dua Kota Suci Raja Salman Bin Abdul Aziz bahwa menjadikan Mesjid Al-Haram sebagai menara ilmu bagi setiap penuntut ilmu. Fakultas Mesjid Al-Haram membuka tiga departeman pendidikan: Departement Al-Quran & Ilmunya, Departement As-Sunnah & Ilmunya, dan Departement Syariah. Dan saat ini akan dibuka dua departement lagi yaitu Aqidah dan Bahasa Arab.

Sumber: http://www.alriyadh.com/1560268

Festival King Abdul Aziz: Perlombaan Pacu Onta

pacu-onta

King Abdul Aziz Foundation akan menyelenggarakan Festival King Abdul Aziz. Diantara acara yang akan diselenggarakan adalah perlombaan pacu onta. Pihak panitia menysaratkan kepada partisipan untuk melakukan registrasi online dan melakukan pemriksaan medis bagi onta yang akan ikut berpacu pada perlombaan ini. Pendaftaran dibuka pada 03/04/1438H sampai 16/04/1438H mendatang.

Sumber: http://www.alriyadh.com/1560221

Kedubes Arab Saudi di Philipina: Terkait Rekrutmen Pekerja Rumah Tangga

Kedutaan Besar Arab Saudi di Philipina mewanti-wanti warga agar tidak berinteraksi dengan laman sosial media, kantor rekrutment yang ada di Philipina, atau oknum lainnya dalam pemberangkatan pembantu rumah tangga ke Arab Saudi. Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi melalui akun twiternya merilis bahwa rekrutment wajib melalui kantor rekrutment yang ada di Arab Saudi saja. Hal ini disampaikan oleh Kedutaan Besar di Manila setelah menerima banyaknya keluhan warga yang tertipu dan menyebabkan kerugian materi yang sangat banyak.

Sumber: http://www.alriyadh.com/1560549

Gubernur Provinsi Al-Qasim: Iman, Khatib, dan Da’I sebagai Benteng dari Radikalisme

Gubernur Provinsi Al-Qasim Pangeran Dr. Faishal Bin Misy`al Bin Su`ud Bin Abdul Aziz menegaskan bahwa para khatib dan da`i memiliki kedudukan yang sangat strategis dalam menanamkan nilai-nilai Islam ditengah masyarakat. Para khatib dan da`i adalah benteng utama masyarakat dalam membendung pemikiran radikal dan menyimpang yang merasuki generasi muda Islam. Dr. Faishal juga memuji apa yang telah dilakukan oleh Kementerian Agama dalam mengakifkan peran imam, khatib, da`i melalui program dalam peningkatan ruh keberagamaan masyarakat.

Sumber: http://www.alriyadh.com/1560523

(Manhajuna/IAN)

Ustadz Rijal Mahdi LC, MA

Ustadz RIJAL MAHDI LC, MA: Seorang putera Minangkabau aktif dalam dunia penerjemahan buku-buku islami, diantara karya yang telah diterbitkan;“Mudahnya Jalan Ke Syurga, Cakna Remaja, Ulama Warasatul Anbiya`; Ide & Program”. Menyelesaikan S-1 di International Islamic Call Collage Tripoli-Libya, S-2 di Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA) Brunei Darussalam, dan saat ini sedang menempuh pendidikan S-3 nya dalam bidang Sastera Arab di King Saud University (KSU), Riyadh-Arab Saudi. Selain menterjemah dan belajar, aktif di Forum Majelis Ta`lim Riyadh (FORMATRA).
(Visited 373 times, 1 visits today)

Beri Komentar (via FB)

http://bursanurulfikri.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *