Hijri Calendar by Alhabib
Beranda / Kegiatan / Seminar-Pelatihan-Bazar FORMATRA 2013
>> Sponsorship/Donasi Website Manhajuna <<

Seminar-Pelatihan-Bazar FORMATRA 2013

Oase Menyejukkan di Awal Musim Panas

 

Kota Riyadh beberapa kali diguyur hujan tepat malam sebelum Jum’at, 19 April 2013. Alhamdulillah rahmat Allah membasahi gurun-gurun panas di ibukota Saudi Arabia tersebut. Bertepatan pada hari Jum’at yang penuh berkah itulah FORMATRA (Forum Majelis Ta’lim Riyadh) kembali mengadakan agenda besar berupa Seminar, Pelatihan dan Bazar. Sebuah kegiatan yang diharapkan dapat menyejukkan dan menambah khasanah wawasan warga Indonesia yang tergabung dalam berbagai majelis ta’lim di Riyadh. Panitia kegiatan yang dikomandoi oleh salah seorang mahasiswa S-2 KSU, yang baru saja dianugrahi gelar Master of Science, Mohammad Kamiluddin, dengan penuh semangat merencanakan dan bahu-membahu mempersiapkan segala sesuatunya demi terselenggaranya agenda tersebut. Tema yang diangkat FORMATRA pada kesempatan ini adalah “Peran Media dan Komunikasi dalam Pembinaan Ummat”.

Sejak Jumat pagi,  warga Indonesia sudah mulai berdatangan dan terlihat sangat antusias untuk bisa mengikuti rangkaian acara yang telah disosialisasikan melalui sekitar 1200 Eks. pamflet-pamflet FORMATRA dan media online di manhajuna.com serta facebook.com/formatra.riyadh. Berdasarkan perhitungan kupon makan siang, diperkirakan kurang lebih 800 peserta termasuk anak-anak hadir meramaikan acara tersebut. Jamaah ikhwan menempati sisi depan istirohah, sedangkan jamaah akhwat dan anak-anak terpisah disisi belakang istirohah. Spanduk kegiatan FORMATRA pun dibentangkan sehingga memberikan warna tersendiri dalam Istirohah Uyun al-Maha, Exit 8, Riyadh.

Acara di mulai dengan pembukaan oleh MC sekaligus juga merupakan Guru di Sekolah Indonesia Riyadh, bapak Drs. Hartono dan dilanjutkan dengan lantunan ayat suci Al-Quran serta dilanjutkan dengan kata sambutan oleh ketua panitia. Sambutan selanjutnya dari ketua FORMATRA, ustadz Lutfi Firdaus, Lc. Dan dilanjutkan sambutan oleh Kepala Perwakilan  RI untuk Arab Saudi, Bapak Eddy Basuki yang menyampaikan sepatah dua kata pada peserta yang hadir. Acara selanjutnya diisi dengan seminar yang diisi oleh ustadz Hidayat Mustafid, MA (da’i maktab jaliyat ar-Raudah) dan bapak Tommy Firmansyah, M.Sc. (lead scientist SABIC). Keduanya bersinergi membawakan materi dengan tema yang telah disiapkan panitia.

 

Tidak terasa peserta seminar larut mendengarkan dengan serius paparan kedua pembicara hingga usai, sambil menikmati snack ringan khas jajanan pasar Indonesia. Setelah acara inti, ada acara spesial yang sudah disiapkan panitia yaitu dalam rangka perpisahan dengan ust. Hidayat. Beliau akan selesai masa tugasnya di Jaliyat ar-Raudah dan akan kembali ke tanah air. Kesan dan pesan mengalir dari perwakilan jamaah binaan beliau serta dari rekan asatidz, ust. Abdullah Haidir, Lc. dan ust. Muhammad Iqbal, MA. yang terlihat berat melepas kepulangan beliau. Seluruh jamaah mendoakan beliau agar diberi kekuatan dan istiqomah saat nanti menjadi da’i di negeri sendiri yang lebih besar tantangan dakwahnya. Sebagai tanda terima kasih atas kontribusi dakwah beliau selama ini, ust. Hidayat mendapat kenang-kenangan dari MT. ar-Raudah, FORMATRA, mahasiswa KSU dan sponsor BNI Smart Remittance.

 

Sebelum berakhir sesi pagi yang disambung dengan sesi sore setelah solat jum’at, panitia mendaulat ustadz Shollahudin Abdurahman, Lc. untuk membawakan acara doorprize bagi-bagi hadiah menarik untuk jamaah. Terdengar riuh tawa jamaah yang penuh semangat menjawab pertanyaan dan tantangan dari ust. Shollahudin yang memang terkenal pembawaan humorisnya. Belum habis hadiah doorprize yang disediakan, panitia harus menutup sesi pagi karena waktu sudah menunjukkan 11.15 siang. Sebagian jamaah mulai memasuki ke area bazar untuk menukarkan kupon makan gratis yang dibagikan saat registrasi. Lebih dari sembilan macam makanan khas Indonesia yang sulit didapat di Riyadh tersedia di stand-stand bazar FORMATRA, seperti Nasi Tongseng, Nasi Bakar Khas Sunda, Sate/Soto Sokaraja, Nasi Ayam / Iga Bakar, Soto Betawi, Sate, Nasi Rames, Sate Ayam. Masakan tersebut asli racikan ibu-ibu FORMATRA ummahat yang sangat antusias mengikuti bazar kali ini. Minuman dingin seperti es teh, es campur dan sebagainya habis dibeli oleh jamaah yang memang merindukan cita rasa kampung halaman. Tepat sepuluh menit sebelum azan solat jum’at dimulai, bazar dibuka khusus untuk jamaah akhwat saja. Mereka juga tidak ingin ketinggalan menikmati masakan rekan-rekannya di FORMATRA ummahat.

Setelah solat jum’at, jamaah ikhwan bersegera kembali ke istirohah karena tidak ingin ketinggalan untuk mengikuti pelatihan bekam dan praktik langsung, yang diisi oleh saudara Arif (praktisi bekam berpengalaman di Riyadh). Sebagian doorprize pun kembali dibagikan hingga menambah ramai jalannya acara. Di ruangan lain istirohah, beberapa jamaah juga terlihat antri untuk pemeriksaan kesehatan gratis berupa cek tensi, gula darah dan asam urat. Akhirnya, karena waktu jugalah panitia harus mengakhiri sekitar pukul 15.30 sore waktu Saudi Arabia. Alhamdulillah rasa lelah panitia tergantikan dengan jamaah yang terlihat pulang dengan wajah berseri-berseri membawa oleh-oleh wawasan, bermacam makanan bazar dan juga mungkin doorprize yang ia dapatkan. Kegiatan ini dapat terselenggara atas pendanaan dari KBRI Riyadh, Maktab Jaliat Rabwah, BNI Smart Remittance, BRI Fast Remittance dan Indomie serta donasi jamaah-jamaah majelis ta’lim di Riyadh. (Fajri K.)

Beri Komentar (via FB)

http://bursanurulfikri.com/

Lihat Juga:

Rangkuman Kabar Terbaru Arab Saudi dan Sekitar Edisi 16/11/2017

Disarikan oleh: Ustadz Rijal Mahdi LC, MA 19 Lembaga Keamanan dan Instansi Pemerintah Arab Saudi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *